Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LKMO 2023)

Latihan Keterampilan Manajemen Organisasi (LKMO) merupakan acara tahunan yang diusung oleh HIMTRI Binus University sebagai tahap akhir kaderisasi bagi kader-kader calon aktivis HIMTRI Binus University. Melalui acara ini, para peserta dilatih untuk memiliki kemampuan manajemen organisasi melalui serangkaian acara. Seiring dengan kondisi pandemi COVID-19 yang kian membaik, LKMO 2023 direncanakan akan dilaksanakan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

LKMO 2023 mengusung tema “Respect and Responsibility: Building Responsible Mindset to Bring Respect”. Melalui tema tersebut diharapkan peserta LKMO 2023 dapat menjunjung tinggi sikap hormat antar sesama dan memiliki rasa tanggung jawab atas pilihan yang dipilihnya. Sikap hormat merupakan salah satu sikap yang diperlukan, hormat merupakan suatu prilaku dimana menghargai diri sendiri maupun lingkungan. Di sisi lain, tanggung jawab merupakan sikap diimana melakukan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan berasal dari kemauan diri sendiri dan bukan paksaan dari lingkungan sekitar.

Kegiatan LKMO 2023 dibagi menjadi dua sesi, dimana masing-masing sesi diperuntukan untuk peserta region Kemanggisan dan Semarang. Hari pertama pelaksanaan LKMO 2023 untuk region Kemanggisan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2023 yang bertempat di Kampus Kijang, Binus University, Jakarta Barat yang dimulai pada pukul 7.30 – 16.20. Sedangkan hari kedua pelaksanaan LKMO 2023 Kemanggisan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2023 di D’ThaNaSha21 Camp and Villa, Bogor, Jawa Barat, pukul 9.30 – 18.00. Sebelum dilaksanakannya rangkaian acara LKMO 2023 untuk region Kemanggisan, para peserta mengikuti kegiatan technical meeting pada tanggal 10 Maret 2023, guna mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan LKMO 2023. LKMO 2023 Semarang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2023 secara online menggunakan platform Zoom Meeting.

LKMO 2023 mengadakan serangkaian acara seperti pemaparan materi oleh pembicara mengenai respect dan responsible. Pembicara LKMO 2023 antara lain adalah Adika Bagja, selaku Kepala Divisi Research HIMTRI RISET, Fedora Tanuwijaya, selaku Kepala Divisi Akademik HIMTRI RISET. Selain itu, LKMO 2023 juga mengundang Habel Christian, selaku Ketua Himpunan HIMTRI PROGRES, Faric Priyatama, selaku Kepala DIVISI Humas HIMTRI PROGRES, dan Sendy selaku Kepala Divisi Akademik HIMTRI PROGRES untuk memaparkan materi kepada peserta. Rangkaian acara pada LKMO 2023 juga meliputi roleplay, rangkaian permainan, dan ditutup oleh seremoni. Dengan rangkaian acara tersebut diharapkan para peserta, Mahasiswa/I Teknik Industri Universitas Bina Nusantara Angkatan 2022 dapat menumbuhkan sikap hormat dan bertanggung jawab sehingga dapat bermanfaat kedepannya.