Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) 2023


Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan acara yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya dan ada dalam program kerja HIMTRI. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mendekatkan setiap peserta kepada masyarakat setempat untuk membangun jiwa kesosialan peserta di lingkungan masyarakat. PkM 2023 kali ini dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya dimana kali ini, kegiatan dilakukan dengan terjun langsung ke desa serta ke sekolah untuk bersosialisasi langsung kepada orang–orang.

PkM 2023 mengusung tema “Greenery in The Era of Digitalization” dimana tema ini memberikan tujuan untuk membangun lingkungan yang lebih baik dengan tetap menyadari digitalisasi yang terjadi di era sekarang ini. Hal ini diharapkan menyadarkan masyarakat yang terlibat didalamnya untuk mampu mengedepankan alam di era digitalisasi ini.

Kegiatan PkM 2023 dibagi menjadi dua yaitu pengajaran ke sekolah serta penghijauan di desa. Penghijauan di desa ini sendiri dilakukan di desa Cijayanti dimana peserta yang terlibat di dalamnya akan melakukan kegiatan untuk membangun desa lebih bagus lagi. Kegiatan penghijauan yang dilakukan ini antara lain adalah melakukan pengecatan pada gedung majelis, pembuatan markah jalan, pemberian tong sampah, dan pembersihan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan dalam dua hari yaitu pada tanggal 15 dan 16 Juli 2023. Hasil pekerjaan dari PkM 2023 teralir langsung ke masyarakat desa Cijayanti.

Kegiatan selanjutnya yaitu pengajaran ke sekolah. Pengajaran ke sekolah dilaksanakan di SMAN 23 Jakarta, dimana kegiatan dilakukan dalam 3 hari yaitu tanggal 18, 20, dan 24 Juli

2023. Peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mengajar langsung mengenai Human Integrated System dimana pengambilan pengajaran ini dilakukan karena informasi yang ada pada pelajaran tersebut mampu berguna untuk siswa siswi yang diajar nantinya. Kegiatan– kegiatan ini dilakukan atas dasar tema yang sudah diusung dan diharapkan pengabdian yang sudah dilakukan mampu memberikan manfaat pada lingkungan masyarakat.