CREATIVE FREELANCER Powered by CROWDBEES

(Sumber: https://shorturl.at/npsH8)

BINUS University mempersembahkan seminar dan talkshow dalam acara CREATIVE FREELANCER yang diadakan di Auditorium BINUS @Alam Sutera pada hari Rabu, 10 Mei 2023 yang lalu. Acara tersebut berlangsung dengan diadakan tiga sesi, yakni sesi pagi, sesi siang, dan sesi sore. Seminar dan talkshow diadakan secara hybrid, yakni secara onsite di Auditorium BINUS @Alam Sutera dan via Zoom Meetings agar seluruh BINUSIAN dari masing-masing regional kampus dapat hadir ke dalam acara CREATIVE FREELANCER. Acara tersebut terbagi atas tiga sesi dari pagi hingga sore.

Sesi pagi dilaksanakan pada pukul 09.00 – 12.00 WIB. Topik branding menjadi pembuka acara kali ini yang dibawakan oleh Dr. Arsa Widitiarsa Utoyo, M.Sn. (Dosen New Media BINUS University), Eveline Irene Anton, S.Sn. (UX Product Designer of Gojek Indonesia), dan Devina Adyasa, S.Sn. (UI Product Designer of Tokopedia). Masing-masing pembicara menyampaikan materi mereka melalui presentasi dan membahas UI/UX Process, Design Concept, Prototype, Visual Moodboard References, dan lainnya.

Sesi siang dilaksanakan pada pukul 13.00 – 15.00. Sesi ini membahas topik illustration & art yang mengisahkan perjalanan dari awal karya hingga menjadi freelancer. Selain itu, sesi ini juga membahas etika berbisnis dan teknik-teknik yang digunakan saat merancang karya komersil maupun koleksi pribadi yang hingga pada akhirnya dapat mempromosikan portofolio di dalam dan luar negeri melalui platform media sosial. Adapun sesi illustration & art tersebut dibawakan oleh Bapak Mohammad Taufiq sebagai illustrator & artist, dan Bapak Andreas selaku Dosen Desain Komunikasi Visual dari School of Design, BINUS University.

Sesi sore dilaksanakan pada pukul 15.00 – 17.00 WIB. Kali ini, topik film menjadi topik yang dibawakan pada sesi terakhir seminar dan talkshow acara CREATIVE FREELANCER day 1. Pembicara pada topik film dibawakan oleh Ekky Imanjaya S.S., M.Hum., M.A., Ph.D. (Dosen jurusan Film BINUS University) dan Gatot Subroto S.Kom., M.Sn. (Director and Founder of Rumah Penulisan). Masing-masing pembicara menyampaikan materi presentasi mengenai cara script writer menulis film, proses penulisan naskah yang efektif, serta memperlihatkan beberapa karya yang berkenaan dengan pembahasan presentasi dari film yang telah dikerjakan.

Acara tersebut secara resmi memperkenalkan para mahasiswa CROWDBEES yang merupakan wadah untuk networking untuk mencari informasi dan pengalaman sebagai creative freelancer. Dengan demikian, keikutsertaan tersebut juga membantu mahasiswa/ i bekerja sama dengan dosen sebagai tim riset yang dapat menambah poin-pin BINUS Graduates Attributes agar mereka mendapat banyak nilai setelah lulus.

Ira Widiastuti