Kunjungan Industri PT Gaya Motor

Teknik Industri Universitas Bina Nusantara telah melakukan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kunjungan Industri atau Industrial Visit ini dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2017 yang bertepatan pada Hari Rabu yang diselenggarakan oleh IISE. Kami mahasiswa dan mahasiswi Teknik Industri Universitas Bina Nusantara melakukan kunjungan ke PT. Gaya Motor yag terletak di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

PT Gaya Motor ini perusahaan industri yang mengelola proses pembuatan mobil yang terpusat pada proses manufaktur BMW. BMW ini adalah suatu perusahaan industri mobil yang berasal dari Jerman. BMW Jerman memberikan kepercayaan kepada PT. Gaya Motor untuk merakit mobil-mobil BMW. Kami melihat beberapa perakitan dari mobil BMW series 3, BMW Series 5, BMW X1, hingga BMW Series 7 yang merupakan produk terbaru dari BMW. Walaupun hanya beberapa produk yang dirakit di perusahaan industri ini. Tetapi hal tersebut merupakan kepercayaan yang luar biasa yang diberikan Jerman pada Indonesia.

Acara ini diikuti oleh 50 lebih mahasiswa dan mahasiswi Teknik Industri. Kami berangkat dari Kampus Anggrek Universitas Bina Nusantara menggunakan bis yang disiapkan oleh panitia acara ini pukul 13.00. Saat itu cuaca Jakarta cukup panas, namun hal itu tidak menghilangkan semangat peserta acara kunjungan industri ini. Kami menghabiskan sekitar 1,5 jam perjalanan diakibatkan kemacetan Ibu Kota.

Sesampai disana kami disambut cukup hangat oleh pihak PT. Gaya Motor. Tidak begitu lama waktu yang kami habiskan dikarenakan waktu yang sangat singkat. Disana kami dijelaskan tentang PT. Gaya Motor dan selanjutnya kami mengunjungi dan melihat proses perakitan mobil-mobil tersebut yang dipandu oleh pihak terkait. Dan terakhir acara ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari kami pihak Universitas Bina Nusantara.

Acara ini sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa Teknik Industri. Semoga pengalaman ini dapat kami ambil untuk kemajuan kami.