Sebelum pilih peminatan IT, lihat dulu peluang kerjanya!

Teknologi Informasi atau yang biasa disebut dengan IT (Information Technology) memberikan dampak yang sangat besar pada kehidupan manusia dari zaman ke zaman. IT telah membantu di berbagai bidang pekerjaan, yakni antara lain bidang pariwisata, kesehatan, keuangan, perdagangan, transportasi, entertaiment, dan bahkan pendidikan. Ditambah dengan perkembangan IT yang begitu pesat, maka tak heran jika banyak orang yang tertarik dan memberanikan diri terjun ke dalam dunia IT.
Berikut adalah penjelasan singkat mengenai peminatan beserta karir dalam bidang IT yang diharapkan dapat membantu kamu memilih pilihan yang tepat.

Artificial Intelligence / Intelligent System
Mungkin sekarang kita sudah tidak asing lagi dengan kata “kecerdasan buatan” atau yang biasa kita sebut sebagai Artificial Intelligence. Kecerdasan buatan (AI) memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan memproses sejumlah besar data dan mengenali pola dalam data.

LINGKUP KARIR :
1. Data Scientist
Data scientist merupakan salah satu pengaplikasian AI dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan bisnis.

2. Machine Learning Engineer
Seorang Machine Learning Engineer bertanggung jawab untuk membuat program dan algoritma yang memungkinkan mesin untuk belajar secara otomatis dari data dan pengalamannya tanpa perlu deprogram ulang.

3. AI Architect
AI Architect bertanggung jawab untuk membuat dan menjaga arsitektur / kerangka kerja dalam pengapilkasian teknologi AI.

4. Big Data Engineer
Data merupakan aset yang sangat krusial dalam segala hal. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang engineer terhadap data-data yang besar tersebut untuk mengembangkan, memelihara, menguji, serta mengevaluasi solusi dari big data dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Software Engineering
Pada dasarnya, software engineer memiliki kemampuan untuk merekayasa perangkat lunak yang bukan hanya ketika ditemukan kesalahan pengoperasian semata, namun lebih kepada bagaimana sebuah perangkat lunak bekerja sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan end-user atau penggunanya.

LINGKUP KARIR :
1. Software Developer
Seorang software developer staff IT yang bertugas untuk melakukan riset, mendesain, megimplementasikan hingga menguji software dan sistem. Seorang oftware developer memiliki tugas untuk mengembangkan, menciptakan, dan memodifikasi software aplikasi komputer atau program.

2. Web Developer
Secara umum, web developer mengemban tugas-tugas yang terkait dengan pengembangan situs untuk hosting, melalui intranet. Proses pengembangan web mencakup desain web, pengembangan konten web, skrip client-side/server-side dan konfigurasi keamanan jaringan, di beberapa tugas-tugas lainnya.

3. IT Support
IT Support merupakan seorang teknisi pada sebuah organisasi atau perusahaan yang mempunyai tanggungjawab untuk instalasi, evaluasi serta peningkatan terhadap tiga objek utama seperti komputer, software, serta pengembangan sistem jaringan (network system).

Interactive Multimedia / Multimedia System
Interactive Multimedia merupakan salah satu topik peminatan yang menekuni berbagai hal terkait layanan digital berbasis multimedia dan komputer. Pelayanan digital yang dimaksud ialah merespon tindakan pengguna dengan menampilkan konten seperti teks, audio, gambar, animasi, dan video. Bidang industri yang menggunakan multimedia antara lain game, animasi, edukasi, aplikasi, instruksi dengan bantuan komputer, dan lain-lain.

PROSPEK KARIR :
1. Game Designer
Game designer terfokus pada aspek kreativitas pada desain gim yang dirancang, menentukan struktur video game, menciptakan layout, konsep, dan gameplay, menciptakan dan mengelola dokumentasi produk, penempatan objek dalam gim, dan bekerjasama dengan tim lain untuk mengeksekusi gim serta melakukan pengujian kepada user.

2. Interactive Media Designer
Interactive media designer bertanggung jawab untuk membuat desain interaktif yang menyertakan teks, data, grafis, suara, animasi, serta efek digital dan visual lainnya. Beberapa tugasnya antara lain mempersiapkan konsep desain kasar, merancang tautan hypertext dan menu beranimasi, serta menulis kode dan menguji fungsionalitas produk. Interactive media designer diperlukan dalam pembuatan website, games, materi pembelajaran online, dan lain-lain.

3. Game Engineer
Game engineer bekerja membuat urutan pengkodean, permainan, dan mekanisme gim. Selain merancang gim, game engineer juga membantu memecahkan masalah produk jadi dengan menjalankan tes dan meninjau kode untuk mengetahui apa perlu dilakukan ulang atau diubah.

Database System
Era digital seperti saat ini, digitalisasi data menjadi salah satu hal yang paling penting dalam setiap lini bisnis. Hal tersebut disebabkan karena melalui digitalisasi data, pengelolaan dan pemanfaatan data dapat dilakukan lebih baik dan optimal. Semakin kompleks data nya, maka dibutuhkan orang-orang ahli dalam mengelolanya. Sehingga saat ini database termasuk dalam pekerjaan yang paling eksis di dunia IT.

LINGKUP KARIR :
1. Database Administrator
Database administrator bertugas untuk mendesain, memelihara, dan memperbaiki database organisasi. Mereka juga bertugas untuk membuat susunan tertentu supaya pengguna data mudah untuk mengakses.

2. Database Engineer
Dalam arti simple, data engineer merupakan seorang arsitek database, dimana orang yang menjadi database engineer bertugas untuk membuat arsitektur manajemen data baik berupa database, data warehouse ataupun sistem pemrosesan data berskala besar.

3. Data Analyst
Data Analyst bertanggung jawab dalam menerjemahkan database menjadi laporan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh manajemen. Pekerjaan seorang Data Analyst adalah mendapatkan dan menggunakan data tersebut untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Computer Network
Computer Network atau jaringan komputer adalah sebuah sistem berbasis media komunikasi yang memungkinkan antar komputer atau perangkat untuk saling bertukar data. Pada peminatan ini, computer network mempelajari hal-hal terkait pengembangan aplikasi, perancangan, pengelolaaan, dan manajemen berbasis jaringan komputer.

PROSPEK KARIR :
1. Network Administrator
Pekerjaan ini bertanggung jawab atas sistem jaringan komputer sebuah organisasi, seperti melakukan konfigurasi, pemeliharaan, pemeliharaan, dan monitoring jaringan. Dilansir dari The Balance Careers, beberapa tugas seorang network administrator antara lain : memberikan pengawasan teknis WAN/Wide Area Network, melakukan riset, dan menganalisis serta memantau keamanan server dan perbaikan untuk mengatasi ancaman keamanan.

2. Network Engineer
Network engineer memiliki kewajiban dalam mengelola keberlangsungan dan stabilitas jaringan internet sebuah organisasi yang diukur melalui media komunikasi seperti data, suara, panggilan, video, dan lainnya. Mereka turut bertanggung jawab untuk membuat desain jaringan, menciptakan jaringan yang efisien dan aman, memimpin proses pengadaan peralatan, mendukung penggunaan jaringan, monitoring dan melaksanakan pengaturan secara rutin.

3. Computer Network Architect
Seorang computer network architect memiliki tugas merancang dan membangun jaringan komunikasi data yang mencakup intranet, database, dan cloud structures. Mereka juga bertanggung jawab untuk meningkatkan perangkat keras, menggunakan keamanan informasi dalam struktur jaringan melalui kata sandi atau izin pengguna, melakukan onboarding pengguna baru, memastikan akun pengguna berfungsi, dan memecahkan serta memperbaiki masalah jaringan.

RESOURCES
https://www.analyticsinsight.net/top-5-ai-career-paths-time/
https://blog.gamatechno.com/9-pekerjaan-bidang-it-yang-paling-menjanjikan/
https://pintaria.com/profesi/data-analyst#:~:text=Data%20Analyst%20bertanggung%20jawab%20dalam,%2C%20logistik%2C%20atau%20biaya%20transportasi
https://pintaria.com/profesi/software-developer

Apa itu Web Developer, bagaimana cara kerjanya?


https://idwebhost.com/blog/tanggung-jawab-it-support/

Bermimpi Jadi Game Designer? Cari Tahu Dulu Seluk-beluknya!


https://study.com/articles/Gaming_Engineer_Salary_and_Career_Information.html
https://creativepool.com/articles/jobdescriptions/interactive-designer-job-description

Network Administrator, Profesi IT yang Pasti Dibutuhkan oleh Perusahaan

Berkenalan Lebih Dalam dengan Profesi Network Engineer


https://study.com/articles/network_designer_vs_network_architect.html

Austin Andhika and Vangelia Peace