Augmented Reality

Sumber Gambar : https://www.google.com/search?q=augmented+reality&safe=strict&tbm=isch&source=lnms&sa=X&ved=0ahUKEwi86q2nnarfAhWFfisKHcqUBaAQ_AUICygC&biw=899&bih=714&dpr=1.25#imgrc=CcgGJIygpzIlfM:.

Zaman sekarang computer grafis telah menjadi jauh lebih canggih. Sekarang banyak peneliti mencoba untuk menyatukan realita dan apa yang dihasilkan oleh computer. Augmented Reality yang biasanya disebut AR adalah teknologi yang menipiskan batas antara apa yang nyata di dunia ini dengan apa yang dihasilkan oleh computer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasa, dan mencium. Augmented Reality akan bisa mengubah cara kita memandang dunia atau setidaknya cara penggunanya melihat dunia.

Augmented Reality adalah upaya untuk menggabungkan elemen digital dengan benda-benda fisik yang ada di dunia nyata. Salah satu contoh produk Augmented Reality di Indonesia adalah Sosro Heritage, dimana pada kemasan the tersebut kita dapat melihat keindahan alam Indonesia dalam bentuk digital, misalkan kemasan the yang bergambar candi Borobudur, maka yang terjadi adalah di kemasan the akan muncul sebuah candi Borobudur dalam bentuk digital 3D. Contoh lain dari penggunaan Augmented Reality adalah yang pernah dilakukan di Pekan Raya Jakarta 2010. ditempatkan beberapa cermin di lokasi-lokasi tertentu, setiap pengunjung yang bercermin di cermin tersebut akan berubah wajahnya menjadi ondel-ondel. Di masa depan konsep ini bisa digunakan pada shopping centre, di mana para pengunjung tidak perlu lagi mencoba pakaian di kamar pas, tetapi pengunjung hanya perlu berdiri di depan cermin dan cermin tersebut akan menampilkan bayangan anda lengkap dengan baju yang telah anda pilih.

Augmented reality juga sudah cukup banyak digunakan didalam teknologi. Contoh-contoh Augmented Reality terpakai dalam teknologi adalah; Face Tracking, 3D object tracking, Motion tracking, GPS based tracking. Seperti yang bisa kita lihat Augmented Reality adalah teknologi yang sangat berguna untuk zaman sekarang.

Augmented Reality memiliki banyak keuntungan dibandingkan Virtual Reality karena pengguna dapat melihat dan menyentuh benda-benda digital dan dapat berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Dengan Augmented Reality dunia akan menjadi lebih maju kedepannya.

Sumber Daftar pustaka: https://tekno.kompas.com

 

Kevin Christian