Apa itu Smartphone?

Oleh Verrell Armandhio Putera

2101704823

Smartphone (smart = pintar, phone = ponsel) merupakan sebuah perangkat berbentuk kecil yang dapat digenggam dengan tangan dan memiliki fitur utama yaitu untuk berkomunikasi dan juga memiliki fitur-fitur yang ada pada perangkat komputer masa lalu seperti mengirim dan menerima e-mail, dokumen, dan lain-lain. Sebelum smartphone dikenal luas, awalnya hanya ada dua produk berbeda yaitu ponsel dan personal digital assistant (PDA). Ponsel terutama digunakan untuk menelpon, sementara PDA digunakan sebagai semacam asisten digital pribadi atau digital organizer. PDA dapat menyimpan info kontak dan agenda harian serta bisa disinkronisasi dengan komputer. Namun seiring perkembangan, ponsel akhirnya memiliki fitur PDA, begitu pula sebaliknya, PDA memiliki fitur ponsel. Perkembangan ini lantas mendorong terciptanya apa yang kini dikenal sebagai smartphone.

Fitur Kunci Smartphone

Meskipun tidak ada definisi standar dari “smartphone”, namun akan membantu untuk menunjukkan fitur dan kemampuan apa saja yang dimiliki oleh smartphone serta membedakannya dengan ponsel biasa. Seperti halnya,

  1. Operation System

Secara umum, smartphone memiliki sistem operasi yang memungkinkannya menjalankan berbagai aplikasi. Dan juga sistem operasinya pun sudah menyerupai perangkat komputer. Sehingga, menjadi salah satu unsur utama smartphone merupakan perangkat pintar.

  1. Applications

Sekarang, banyak ponsel yang memiliki perangkat lunak yang canggih. Tapi, Smartphone memiliki kemampuan men-download berbagai aplikasi seperti software keuangan, personal assistant, dan banyak lagi. Smartphone mungkin juga dilengkapi dengan GPS dan kemampuan editing foto serta memutar musik, dan juga fitur-fitur canggih lainnya.

  1. Web Access

Smartphone dapat mengakses internet pada kecepatan yang lebih tinggi, berkat pertumbuhan 4G dan jaringan data 3G, serta penambahan dukungan Wi-Fi untuk banyak handset.

  1. Keyboard QWERTY

Smartphone umumnya sudah dilengkapi dengan keyboard QWERTY. Keyboard QWERTY bisa berbentuk fisik maupun virtual (diketik melalui layar sentuh).

  1. Messaging

Semua ponsel dapat mengirim dan menerima pesan teks, tapi apa yang membuat smartphone lebih unggul adalah kemampuannya menangani e-mail. Sebuah smartphone dapat disinkronisasi dengan akun e-mail sehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

www.amazine.co/23760/apa-itu-smartphone-5-perbedaan-smartphone-dengan-ponsel/

https://www.lifewire.com/cell-phones-vs-smartphones-577507

 

Verrell Armandhio Putera