Sudah mengambil jurusan IT tapi masih bingung mau penjurusannya apa? Mari kita simak sama-sama

Pada zaman teknologi sekarang ini, banyak mahasiswa yang terdorong untuk mengambil jurusan Computer Science atau Teknik Informatika karena prospek kerja yang terjamin. Nah, dari semua mahasiswa yang sudah mengambil jurusan tersebut, terutama di Binus University, masih banyak mahasiswa yang bingung dalam memilih peminatan yang disediakan karena ketidaktahuan mereka tentang apa saja pembelajaran, pekerjaan, hal yang dibutuhkan, dan lainnya dalam setiap peminatan. Maka dari itu, di sini kita akan membahas peminatan yang disediakan pada jurusan Computer Science BINUS University. Nantinya, pada semester 4 dan 5 kita bisa memilih satu dari lima peminatan yang tersedia seperti dibawah ini.

  • Software Engineering

Software engineering berfokus pada perangkat lunak, contohnya sistem, pengembangan aplikasi, dan hal-hal yang berhubungan dengan software. Karir dalam mengambil peminatan tersebut ialah menjadi System Analyst, App Programmer, Web Specialist, dan lainnya.

  • Intelligent System

Pada peminatan intelligent system kita akan belajar untuk mengembangkan sistem kecerdasan, robotik, computer vision, hingga bio informatika. Karir dalam mengambil peminatan tersebut ialah menjadi Data Scientist, Intelligence System Developer, dan lainnya.

  • Database Technology

Dalam database technology kita akan mengolah big data, yaitu kumpulan data yang dikelola sedemikian rupa berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berhubungan sehingga mudah dalam pengelolaannya. Karir dalam mengambil peminatan tersebut ialah menjadi Data Analyst, Database Engineer, Big Data Engineer, dan lainnya.

  • Networking (jaringan komputer)

Computer Networking mempelajari cara merancang, membuat dan menganalisa sistem jaringan komputer berteknologi Wireless, Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Metropolitan Area Network (MAN). Jaringan komputer merupakan sekelompok sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang saling terhubung secara bersama melalui suatu sistem komunikasi untuk memfasilitasi komunikasi hingga dapat saling berbagi sumber daya. Karir dalam mengambil peminatan tersebut ialah menjadi Network Engineer, Network Administrator, dan lainnya.

  • Multimedia Development

Multimedia berfokus pada pemanfaatan teknologi untuk memproduksi dan mendistribusikan konten multimedia, contohnya konten, animasi, video, dan sebagainya. Karir dalam mengambil peminatan tersebut ialah menjadi UI/UX Designer, Game, AR, VR Developer, dan lainnya.

Nah, itu tadi beberapa macam peminatan yang tersedia di BINUS University khususnya pada BINUS Greater Jakarta. Gimana? Kalian jadi ingin masih peminatan yang mana nihh?


  • Penulis: Nixon Leonard Chandra, Kenny Ruici Khoe
  • Editor: Fisalma Maradita, Marcello Yoel