Billiar

Biliar atau bola sodok adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil. Untuk kelangsungan olahraga ini di butuhkan beberapa peralatan contohnya seperti stik untuk memukul cue ball, chalk untuk menahan gesekan pada stik dan sebagainya. Olahraga ini di mainkan di atas meja dan olahraga ini mampu di mainkan oleh tim maupun individu. Jenis permainan bola 8 biliar yaitu Bola  biliar dibagi 2 yaitu bola solid (1-7) dan bola stripes (9-15). Bola 8 adalah bola yang terakhir dimasukkan. Setelah break dilakukan oleh salah satu pemain, jika ada bola yang masuk maka tim yang melakukan break boleh menembak bola lagi. Jika tidak, maka tim lawan yang menembak. Pemain yang menembak setelah break, bisa memilih bola solid/stripes, dengan cara memasukkan bola solid/stripes. Misalnya, jika dia memasukkan bola 1 maka untuk selanjutnya dia harus memasukkan bola 2-7. Jika dia memasukan bola 10, maka selanjutnya dia harus memasukkan bola 9-15. Apabila Bola-8 masuk

pada saat break, pemain dapat memilih antara mengulang kembali break (bola ditata ulang), atau menaruh bola 8 pada footspot dan melanjutkan permainan.(sesuai dengan World Standardized Rules).

Bola 9 bola yang digunakan adalah bola billiard  yang bernomor 1 s.d 9 ditambah bola berwarna putih yang digunakan sebagai cue ball. Bola bernomor 1 s.d 9 disusun berbentuk wajik (diamond). Posisi bola bernomor 1 di bagian atas wajik, sedangkan bola bernomor 9 diletakkan di tengah-tengah susunan bola. Pemain diharapkan untuk memasukkan bola secara berturut-turut dari angka 1 s.d angka 9. Memasukkan bola dapat dilakukan secara langsung, yaitu dengan memukul bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja, atau dengan mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain yang sekiranya dapat masuk ke dalam kantung meja.

http://infobiliar.blogspot.com/2013/03/aturan-permainan-9-ball.html
http://riskyconcon.blogspot.com/2011/09/peraturan-permainan-bola-9-dalam.html
http://olahragabiliard.blogspot.com/
David Setyawan