SESKAM HIMTI 2023: “Floral Fantasy: A Springtime Fairy Festival in HIMTILAND”

Pada hari Minggu, 22 Oktober 2023, diadakan sebuah acara seleksi aktivis tahunan berupa seminar dan training untuk para calon aktivis HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) yaitu SESKAM HIMTI 2023. Acara ini diselenggarakan secara hybrid di Binus kampus @Alam Sutera ruangan A0505 dan juga melalui Zoom meetings.

Melalui SESKAM, diharapkan setiap calon aktivis dapat mengetahui lebih dalam tentang organisasi HIMTI, meningkatkan keterampilan teknis dan sosial guna mempersiapkan diri untuk menjadi aktivis yang kompeten. Mereka juga diharapkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai struktur kerja organisasi HIMTI, serta membangun relasi yang kuat, baik dengan mentor mereka maupun sesama calon aktivis.

Melihat kebutuhan akan pentingnya relasi dan juga kemampuan yang diperlukan oleh seorang aktivis HIMTI, CAVIS diberikan berbagai tugas seperti pembuatan proposal, Surat Perjanjian Kerjasama (SPK), paket sponsor, dan juga yel-yel sebagai bentuk semangat dan solidaritas untuk masing-masing kelompok.

Acara ini dibuka pada hari Minggu, 15 Oktober 2023 pukul 13.10 dengan sambutan awal dan penyampaian materi kepada para CAVIS melalui Zoom. Setelah sesi pembekalan tersebut, CAVIS bersama dengan mentor mereka masuk ke dalam breakout room untuk memperkenalkan tugas CAVIS dan saling mengenal. Terdapat berbagai momen unik di setiap kelompok seperti ketika pemilihan ketua kelompok ataupun pertemuan pertama dengan mentornya. Acara pembukaan SESKAM 2023 ditutup dengan dokumentasi beserta dengan motto HIMTI dan tagline SESKAM yang dikumandangkan bersama-sama.

Selang 3 hari setelah acara pembukaan, tepatnya pada tanggal 18 Oktober 2023, dilakukan kembali pertemuan melalui Zoom. Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan briefing lebih lanjut akan tugas CAVIS, yaitu untuk melakukan negosiasi sponsor dengan anggota-anggota HIMTI yang sudah berpengalaman dan juga untuk mengecek kemajuan tugas dari setiap kelompok. Adapun sesi breakout room dengan mentor masing-masing dimana CAVIS juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan mentor mereka mengenai strategi yang akan diterapkan dalam menghadapi proses negosiasi sponsor nantinya.

Akhirnya tiba, tanggal 22 Oktober 2023, yang menandakan puncak dari festival ini. Acara ini terbagi menjadi 2 sesi, yaitu pagi dan siangngan masing-masing sesi berisi 10 faksi., dengan kelompok 1 hingga 10 mengikuti sesi pertama dan kelompok 11 sampai dengan 20 sesi kedua. Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Kresna Budi Waluya dan Susan Wijaya, selaku MC untuk acara ini. Kemudian, acara dilanjutkan dengan menyanyikan mars HIMTI dan pembacaan aturan. Setelah itu, masing-masing kelompok CAVIS memberikan penampilan yel-yel yang kreatif dan spektakuler. 

Memasuki sesi inti, yaitu pitching acara, yang dijalankan di dua tempat terpisah pada masing-masing sesi. Di sana, terdengar pemaparan berbagai macam detail acara yang telah dirancang oleh CAVIS. Sebagai puncak acara, terdapat sesi games yang dipartisipasi oleh seluruh kelompok dalam berbagai permainan pada masing-masing sesi. Permainan berlangsung dengan penuh semangat dan kompetisi dan akhirnya dimenangkan oleh Skylar pada sesi pertama dan Nyx pada sesi kedua. Akhirnya, tiba saat pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah untuk yel-yel terbaik dan games. Yel-yel terbaik dimenangkan oleh Undine untuk sesi pertama dan Laila untuk sesi kedua. Untuk menutup serangkaian acara ini, dilakukan dokumentasi secara onsite dan online disertai dengan motto HIMTI dan tagline SESKAM 2023.

Acara ini berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir. Diharapkan melalui acara ini, CAVIS bisa saling mengenal satu sama lain, beradaptasi ke dalam budaya HIMTI, mendapatkan pembekalan ilmu yang dapat membantu mempersiapkan mereka untuk menjadi aktivis HIMTI yang berkompeten, dan berkontribusi dalam memajukan HIMTI untuk kedepannya.