Sering Diabaikan… Yuk Ketahui Perbedaan Warna dan Fungsi pada Tiap-Tiap Port USB

Tentu kita mungkin tidak asing dengan yang namanya port USB, apalagi di zaman sekarang hampir semua kegiatan membutuhkan port tersebut. Tetapi banyak tidak menyadari bahwa tiap-tiap port yang ada usb memiliki warna-warna yang berbeda. Namun, ternyata warna-warna tersebut bukan hanya sekedar warna biasa lho.. melainkan tiap-tiap warna memiliki fungsinya sendiri. Yuk ketahui arti warna-warna yang ada pada port USB.

  1. Port USB 1.0 dan 2.0

Source : https://www.tokopedia.com/nsconlineshop/hub-expansion-4-port-usb-2-0-warna-hitam-putih-untuk-alat-elektronik

Port USB 1.0 dan 2.0 merupakan port USB standar yang biasanya memiliki warna putih dan hitam. Port jenis ini memiliki kecepatan transfer data sebesar 480 MBPS (Mega Byte per Second) dan sering dijumpai pada adapter handphone maupun tablet.

    2. Port USB 3.0 dan 3.1

source : https://2.bp.blogspot.com/-mIfs0RIe_yQ/WGpxeqUTz_I/AAAAAAAAERs/BOpAmuXxwfkjT-X4hVzfg qDnzbPipXawCLcB/s1600/Port%2BUSB%2B%25281%2529.png

Port USB 3.0 dan 3.1 memiliki ciri warna biru untuk port 3.0 dan biru muda untuk 3.1. Port jenis ini memiliki kecepatan transfer data sebesar 10 GBPS (Giga Byte per Second), yang jauh lebih besar dibandingkan port USB 1.0 dan 2.0. 

    3. Port USB AI Power

Source : https://shopee.co.id/Cennotech-5-USB-Port-Charger-Titan-Qualcomm-3.0-i.19261154.838961624

Port AI power memiliki ciri berwarna hijau. Port jenis ini seperti namanya AI memiliki sistem yang cerdas karena bisa menyesuaikan output power sesuai dengan kebutuhan elektronik kita. Port jenis ini lebih aman karena mengurangi resiko overpower pada benda elektronik.

   4. Qualcom Quick Charge 3.0

 Source : https://www.elppas.com/2019/05/apa-bedanya-teknologi-quick-charge.html

Port Qualcom Quick Charge 3 memiliki ciri berwarna orange. Port jenis ini biasanya digunakan pada alat elektronik yang sudah mendukung fast charging karena memiliki kecepatan 4 kali lebih cepat dibandingkan port usb biasa. 

Nah, itu tadi perbedaan beserta kegunaan pada masing-masing warna pada USB port yang bisa kalian ketahui. Gimana, sekarang udah tau kegunaannya, kan? Oleh karena itu, sekarang kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan ya!

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis : Cheryl Almeira
  • Editor : Cheryl Almeira, Marcello Yoel Christianus