Game Anak Bangsa Merebut Perhatian Publik

Game kini sudah menjadi salah satu aktivitas masyarakat dalam mengisi waktu luang mereka baik dari pekerjaan, maupun dalam hal lainnya. Berbagai macam genre game dan tipe sudah melekat pada masyarakat, seperti game horror, thriller, action dan genre lainnya. Game dengan mode FPS maupun RPG merupakan game yang sangat ramai di pasar. Tak ingin ketinggalan, para anak bangsa turut berkontribusi dengan membuat karya berupa game dan beberapa sudah ada yang cukup dikenal di kalangan publik. Yuk, mari kita simak kreativitas anak bangsa dalam bidang game!

 

1. When the Past Was Around

When the Past Was Around

When the Past Was Around, merupakan salah satu game yang telah mendominasi pasar khususnya di kalangan gamers. Game ini menceritakan tentang kisah perempuan berumur 20 tahun yang kehilangan arah hidup karena gagal dalam mencapai mimpi nya dan juga gagal dalam mencari cinta idamannya. Hingga pada akhirnya, dia menemukan seorang yang bernama Owl. Bagaimana kelanjutan dari kisah perempuan ini?

Dengan  menampilkan grafik yang bagus dan alur cerita mudah untuk diikuti, game itu semakin membuat para gamers tertarik dalam mencobanya. Game ini juga menampilkan banyak sekali teka-teki yang perlu diselesaikan. Feedback positif banyak diterima oleh developer karena game ini alur ceritanya sangat dinikmati oleh penggunanya dan membawa kesan yang amat mendalam. Game yang dirilis oleh Toge Production ini pada tanggal 22 September 2020 ini masih sangat laris di pasaran hingga sekarang.

 

2. Dreadout 2

Dreadout 2

Game berikutnya yang tidak kalah seru ialah game Dreadout 2. Game yang dirilis pada 22 Februari lalu oleh developer asal Bandung yaitu Digital Happiness. Game ini merupakan lanjutan dari Dreadout, game survival horror yang pertama dirilis pada 15 Mei 2014.

Game ini menceritakan petualangan Linda yang berusaha mencari jawaban atas kematian teman-teman dan gurunya di seri lalu. Game dengan genre thriller dan horror ini dapat membuat semua kalangan gamers untuk mencoba game ini.

Dengan serinya yang pertama sukses di pasaran membuat game ini menjadi salah satu game yang paling ditunggu rilis nya oleh para kalangan gamers. Game yang diberondol sebagai salah satu game ikonik oleh rakyat Indonesia, karena dapat membuat game ini dimainkan oleh  banyak youtuber terkenal mulai dari youtuber Indonesia bahkan youtuber dari mancanegara pun ikut mencoba sensasi bermain dari game tersebut.

Feedback yang diterima oleh developer Digital Business pun sangatlah positif karena para gamers sangat menikmati bermain game DreadOut 2 ini sehingga game ini pernah masuk ke “50 tops search game di steam”. Namun, sayangnya game ini hanya dapat dimainkan di PC dan developer hanya merilis game ini pada platform PC saja sehingga pengguna yang ingin memainkan game ini bisa mengakses nya melalui aplikasi steam yang ada di PC.

 

3. Rocky Rampage

Game satu ini dibentuk oleh para developer asal Jakarta yakni  Joyseed Gametribe Studio. Game yang berkisahkan mengenai Mr. Boulder yang berasal dari Kerajaan Batu. Musuh dari Mr.Boulder adalah Scissor yang sudah membuat rencana jahat dan ingin menghancurkannya dan mencuri Wonderpants. Namun, Mr. Boulder tidak sendirian ia merekrut seorang teman yang bernama Pebble untuk melakukan pengejaran terhadap Scissor. Pada game ini, pemain akan berperan sebagai Mr Boulder yang akan terbang untuk mendapatkan koleksi Wonderpants miliknya.

Game platform mobile ini mampu menarik perhatian setiap kalangan publik pada ajang Bapekraf Game Prime 2021. Rocky Rampage juga merupakan game terbaik di Google Play pada tahun 2020 dan berhasil menyabet penghargaan ini di 4 region Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Singapura dan Juga Malaysia.

“Penghargaan ini sangat berarti bagi kami, dan kami sangat senang bisa memenangkan award ini,” ungkap CEO dan Co-founder Joyseed Gametribe, Boy Dozan dalam pernyataan resmi yang dikirimkan ke AGI (Asosiasi Game Indonesia). “Berkompetisi dengan game-game global dan ternama, Rocky Rampage berhasil masuk kategori Best Casual di 4 region Asia Tenggara (Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia),” lanjutnya.

Game yang sudah dibekali dengan tampilan grafis yang HD dan gameplay yang super smooth membuat para pemain tidak kesulitan dalam bermain. Alur cerita pada game ini juga tergolong ringan sehingga para pemain lebih dimudahkan dalam bermain game ini. Game ini sudah bisa di instal pada platform Android dan juga platform IOS.

 

Adanya game buatan anak bangsa ini mampu membuat para developer lokal untuk lebih termotivasi dalam membuat sebuah game. Sudah terbukti juga bahwa setiap anak bangsa mampu menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia juga mampu untuk bersaing di panca global bersama dengan developer game terkenal lainnya. Kedepannya, kami berharap agar lebih banyak game buatan anak bangsa yang bisa masuk ke 10 game paling banyak dimainkan di dunia. Semoga, kamu juga dapat menjadi salah satu developer yang handal dan kreatif di bidang gim ya!

Daftar Pustaka


  • Penulis: Salino Madandan Pongtengko, Jessica Hana Christy Sitompul
  • Editor: Vangelia Peace Palijama