Usai Kena Skandal Suap, Samsung Pilih Regenerasi

Ekspresi Lee Jae-yong usai menjalani vonis di pengadilan di Seoul, Korea Selatan, (25/8). Lee ditahan terkait tuduhan korupsi, mulai dari penyuapan, penggelapan, hingga penyembunyian aset di luar negeri. (Chung Sung-Jun/Pool Photo via AP). Sumber Gambar : http://www.liputan6.com/tekno/read/3400562/usai-kena-skandal-suap-samsung-pilih-regenerasi

Seperti yang kita ketahui sejarah Samsung Group dibentuk pada 1938 oleh Lee Byung-chul (1910-1987). Pada 1951, perusahaan ini berubah menjadi Samsung Corporation. Samsung Electronics dibentuk pada 1969 di DaeguKorea Selatan dengan nama Samsung Electric Industries yang pada mulanya memproduksi perangkat elektronik seperti TV, kalkulator, kulkas, pendingin ruangan dan mesin cuci. Pada 1981, perusahaan ini telah memproduksi lebih dari 10 juta TV hitam-putih. Pada 1988, perusahaan ini bergabung dengan Samsung Semiconductor & Communications.

Liputan6.com, Jakarta – Setelah terlibat skandal korupsi, akhirnya Samsung yang dikenal sebagai perusahaan paling berpengaruh di Korea Selatan melakukan regenerasi. DilansirFinancial Times, Senin (26/3/2018), Samsung mengumumkan regenerasi yang dimulai dari level atas perusahaan, salah satunya dengan mengangkat Kim Sun-uk sebagai salah satu anggota board of directors (dewan direksi). Kim adalah seorang ahli hukum yang pernah menjadi penasihat Mahkamah Konstitusi Korea Selatan. Ia juga menjadi anggota direksi wanita kedua yang pernah menjabat di Samsung. Regenerasi tersebut dilakukan untuk memperbaiki citra Samsung yang selama ini dituding memiliki kepemimpinan gaya kaisar karena pengaruh keluarga Lee yang begitu kuat. Keturunan Lee Byung-chul, pendiri Samsung, memang masih terus berkuasa di perusahaan itu. Namun, sejak tertangkapnya Lee Jae-yong karena kasus korupsi, citra dari perusahaan itu pun mendapat kesan negatif. Dengan adanya regenerasi ini diharapkan anggota direksi akan lebih independen dari pengaruh keluarga Lee. “Saya percaya ini adalah saat yang tepat bagi kepemimpinan yang lebih muda untuk memimpin perusahaan agar dapat memberi respons yang lebih baik pada industri TI global yang cepat berubah,” ucap Kwon Oh-hyun, pemimpin dari direksi.

Namun, rata-rata anggota direksi Samsung berusia 60 tahun.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

  • http://www.liputan6.com/tekno/read/3400562/usai-kena-skandal-suap-samsung-pilih-regenerasi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Samsung_Electronics
Rizki Oktariando