ChatGPT Teknologi berbasis OpenAI

ChatGPT Teknologi berbasis OpenAI

     OpenAI merupakan kecerdasan buatan yang didirikan di tahun 2015 silam, oleh CEO Twitter yaitu Elon Musk dan megadonor Silicon Valley Peter Thiel bersama dengan perusahaan teknologi lainnya seperti Microsoft. OpenAI secara resmi mengumumkan versi prototipe dari chatbot AI terbaru mereka yang diberi nama Chat GPT. Teknologi ini merupakan inisiasi dan kecerdasan teknologi AI yang dilatih menggunakan teknik pembelajaran mesin Reinforcement Learning From Human Feedback (RLHF).

     GPT merupakan sebuah teknologi baru dari OpenAI yang super canggih dan sudah dikembangkan sejak tahun 2020 lalu. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk menulis apa saja seperti misalnya menulis tweet, puisi, esai, dan bahkan program komputer. Semua dilakukan dengan prompt sederhana. Chat GPT merupakan model chatbot yang diluncurkan oleh OpenAI di akhir tahun lalu, yakni 30 November 2022. Teknologi ini memungkinkan penggunanya dapat mendefinisikan ulang serta membuat dan berinteraksi dengan informasi digital.  Selain itu, Chat GPT juga bisa dimanfaatkan untuk pencarian online.

     ChatGPT dapat digunakan dalam berbagai aplikasi chatting seperti whatsapp dan line. Bagi teman-teman yang memiliki bisnis dan menggunakan aplikasi chatting secara aktif, chat GPT akan membantu memudahkan pekerjaan dalam melayani pertanyaan pelanggan secara otomatis. Pastinya, kita harus membangun chatbot dulu dan mendaftarkan chatbot tersebut ke aplikasi chatting yang diinginkan. Ini yang harus dipelajari lebih lanjut, karena sistem yang digunakan terbuka dan masih dalam tahap pengumpulan informasi, dan sudah semestinya kita tetap perlu berhati-hati.  Tidak hanya kita yang belajar tetapi juga sebaliknya, kita pun dipelajari. Terutama selalu waspada dalam penggunaan data pribadi. Misalnya seperti email, jangan gunakan email pribadi atau email yang biasa kita gunakan untuk keperluan penting contohnya email untuk keperluan data bank atau email kantor.

Berikut Fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi ChatGPT antara lain yaitu :

  1. Menanggapi pertanyaan dari pelanggan dengan jawaban yang sesuai dengan yang diajukan, apabila tidak sesuai dia akan meberiakn dialog dengan sipenanya untuk memastikan akurasi dari jawaban yang diberikan.
  2. Merekomendasi berbagai topik konten yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan
  3. Menerjemahkan bahasa seperti google translite
  4. Memecahkan masalah persamaan dan rumus rumus dari soal matematika
  5. Membuat teks dari flim dan artikel akademik yang dimasukkan pada menu khusus teks.

Referensi:

https://institutibuprofesional.com/mengenal-chat-gpt-dan-tantangan-dibaliknya-bagi-keluarga-bagian-1/

https://www.idxchannel.com/technology/apa-itu-chat-gpt-simak-penjelasannya-di-sini

Penulis : Mario Gracius K.L