Tren Teknolog di Tahun 2022 yang Wajib Banget Kalian Tahu

Teknologi diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, sehingga teknologi selalu berevolusi dengan mengikuti perkembangan kebutuhan manusia. Teknologi selalu berkembang dengan cepat, walaupun terdapat pandemi. Hal itu bukan menjadi suatu halangan berkembangnya teknologi. Yuk kita simak apa saja tren teknologi terbaru pada tahun 2022 yang harus banget kamu ketahui!

  • Quantum Computing

Quantum Computing adalah sebuah inovasi dalam bidang komputasi yang mengembangkan teknologi pada komputer dengan cara melakukan komputasi berdasarkan prinsip teori kuantum dengan menggunakan bit kuantum maupun qubit. Sebelumnya apasih qubit itu? 

Qubit adalah sebuah sistem yang memungkinkan pemakaian transistor bernilai 1 atau 0 dengan bersamaan yang mana hal ini berbeda dengan komputer klasik yang hanya dapat memakai satu transistor saja. Maka dari itu, komputer yang memiliki Quantum Computing ini nantinya akan mempunyai kecepatan yang sangat baik saat menjalankan sebuah pekerjaan. Komputer yang memiliki Quantum Computing dapat mengerjakan suatu hal yang lebih rumit seperti simulasi dunia fisik, machine learning, dan lainnya.

  • Genomics

Sebelum kita membahas apa sih hubungan genomics dengan teknologi, kita harus tahu apasih Genomics itu. Genomics adalah bidang yang mempelajari genome yang mana hal ini bertujuan untuk memahami bagaimana organisme berkeja. Genomics meneliti bagaimana interaksi antar gen dan juga pengaruh lingkungan terhadap gen itu sendiri serta apa akibatnya. Sedangkan Genome merupakan materi genetik berupa blueprint yang terdiri dari rancangan suatu makhluk hidup. 

Genomics memiliki peran yang penting dalam hampir semua sektor kehidupan. Contohnya pada sektor kesehatan, genomics dapat membantu mendeteksi penyebab penyakit dan juga virus tertentu. Selain itu dalam sektor pertanian, genomics dapat mengidentifikasi hama serta dapat mengidentifikasi kualitas dari sistem tanaman. Lalu sebenarnya apa sih hubungan genomics dengan teknologi? 

Genomics mempunyai ikatan yang kuat dengan big data sebab pengarsipan database dari genomik ini akan ditampilkan dengan bentuk big data yang berisi informasi seputar kesehatan, forensik, dan juga hal lainnya. Nah oleh sebab itu, genomics termasuk dalam tren teknologi 2022 sebab genomics berikatan dengan big data yang mana big data adalah hasil dari perkembangan teknologi masa kini.

  • Artificial Intelligence

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence adalah sebuah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya berhubungan dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. Kecerdasan Buatan atau sering disingkat sebagai “AI”, mungkin berkonotasi dengan robotika atau adegan futuristik. 

Kecerdasan Buatan (AI) mengungguli robot fiksi ilmiah ke dalam non-fiksi ilmu komputer canggih modern. Profesor Pedro Domingos, seorang peneliti yang terkemuka di bidang ini, menggambarkan “lima suku” machine learning, yang terdiri dari simbolis, yang berasal dari logika dan filsafat. Kemudian, koneksionis yang berasal dari ilmu saraf, yevolusioner berkaitan dengan biologi evolusioner, bayesian berhubungan dengan statistik dan probabilitas dan analogis yang berasal dari psikologi. 

Baru-baru ini, kemajuan dalam efisiensi komputasi statistik telah membuat bayesian berhasil untuk memajukan bidang di sejumlah area yang dikenal sebagai “machine learning”. Kemajuan dalam komputasi jaringan telah menyebabkan koneksionis memperluas ke sub-bidang yang disebut “deep learning”. Machine learning (ML) dan deep learning (DL) merupakan bidang ilmu komputer yang berasal dari disiplin Kecerdasan Buatan. Contoh perusahaan yang menggunakan AI yaitu Google, Tesla, IBM, dan lain-lain. 

Nah itu dia beberapa tren teknologi terbaru di tahun 2022. Menurut kamu mana nih tren yang paling unik?

 

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis: Michelle Valencia Nurdi, Shakira Karin Indrawan
  • Editor: Fisalma Maradita, Marcello Yoel Christianus