Perbedaan Ilmu Komputer, Teknik Informatika , Sistem Informasi , dan Teknik Komputer


Picture Source :  https://www.harapanrakyat.com/wp-content/uploads/2018/12/Begini-Para-Ahli-Mendefinisikan-Apa-Itu-Teknologi.jpg

 

Masih banyak masyarakat umum yang masih belum mengetahui pasti tentang perbedaan antara jurusan jurusan dalam dunia Teknologi Informasi/IT. Padahal terdapat banyak perbedaan mendasar yang dapat dengan jelas terlihat apabila kita memang berada dalam dunia IT. Perbedaan perbedaan itu dapat terlihat dari mata kuliah yang harus diambil dalam perkuliahan, prospek kerja lulusan dan tujuan mempelajari mata kuliah dalam jurusan tersebut untuk diaplikasikan dalam dunia kerja.

Jurusan jurusan IT di Indonesia juga terlihat masih belum begitu terlihat apakah masuk kedalam rumpun ilmu Teknik atau masuk kedalam rumpun ilmu MIPA. Hal ini terlihat dari adanya Universitas maupun Institut Teknologi di Indonesia yang memasukan jurusan jurusan ini kedalam Fakultas Teknik dan beberapa Universitas ada juga yang memasukannya kedalam Fakultas MIPA. Penyebutan nama jurusan jurusan ini juga berbeda, ada yang menyebutnya Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer atau Teknologi Informasi. Banyaknya nama jurusan ini berasal dari keputusan DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) yang tidak secara tegas mengatur penamaan jurusan komputer (keputusan DIKTI No. 1030/D/T/2010). Setiap Universitas boleh menggunakan nama jurusan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, saat ini di Perguruan Tinggi tidak lagi hanya ada 1 jurusan komputer, tetapi bisa 2 atau 3. Tapi sebenarnya apa sih perbedaan dari jurusan jurusan ini?, apakah hanya berbeda namanya saja atau tidak mari kita bahas lebih lanjut.

 

Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

Terlepas dari itu semua, kita kembali ke judul artikel ini, apa saja perbedaan antara jurusan ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi dan teknik komputer?

3 jurusan pertama sebenarnya sangat mirip (selain teknik komputer). Dalam jurusan ini anda tetap menemukan algoritma, pemrograman, dan mempelajari cara membuat aplikasi komputer, dengan penekanan yang sedikit berbeda:

 

  • Jurusan Ilmu Komputerlebih contoh ke arah ‘sains’-nya komputer, dimana akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, dll. Namun di ilmu komputer juga membahas praktek dengan berbagai bahasa pemrograman. Skripsi dari jurusan ilmu komputer boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya. Prospek lulusannya dapat menjadi Full Stack Developer, Android developer, Software Engineer, Data scientist.

 

  • Jurusan Teknik Informatikalebih condong ke implementasi daripada teori. Disini akan lebih fokus kepada proses pembuatan aplikasi, walaupun begitu, teori juga tetap dibahas tapi tidak sedalam di Ilmu Komputer. Skripsinya anak TI wajib membuat aplikasi. Prospek lulusannya dapat menjadi Programmer, System Analyst, Software Engineer, Software Developer, Network Administrator

 

  • Jurusan Sistem Informasimenggabungkan konsep komputer dengan bisnis dan management. Tujuannya sebagai ‘jembatan’ antara kebutuhan bisnis dengan aplikasi yang mesti dirancang. Contohnya seperti bagaimana berhubungan dengan client bisnis, bagaimana merancang aplikasi berdasarkan skala bisnis perusahaan, dst. Prospek lulusannya dapat menjadi Data analyst, Database Administrator, UI / UX developer, Graphic Designer.

 

  • Jurusan Teknik Komputerlebih kepada hardware. Walaupun memakai nama ‘komputer’, jurusan ini sering berada di bawah Fakultas Teknik. Ini sebenarnya mirip dengan Fakultas Teknik Elektro, namun juga akan dibahas tentang programming yang menggunakan ‘bahasa mesin’. Hardware disini lebih ke arah microcontroller, ‘chip’ atau processor komputer. Bukan bagaimana cara merakit komputer. Dari beberapa sumber, Jurusan Sistem Komputer juga mirip-mirip seperti Teknik Komputer Prospek lulusannya dapat menjadi teknisi komputer, Konsultan IT, Wiraswasta, dan akademisi

 

Demikian artikel ini saya buat, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam memahami perbedaan perbedaan jurusan dalam dunia IT, khususnya perbedaan jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer. Semoga artikel ini dapat membantu teman teman yang akan masuk ke dunia IT atau sudah berada di dunia IT dalam memahami perbedaan perbedaan dalam jurusan IT. Keep Calm, Enjoy, and Code.