Jaringan 5G

https://www.slashgear.com/trump-admin-denies-5g-network-rumors-29517369/

Bisa di bilang bahwa suatu kemajuan yang terjadi di bidang teknologi merupakan sebuah pertanda telah semakin berkembanganya sebuah negara. Persitiwa ini mengisyaratkan bahwa negara itu telah naik ke jenjang yang lebih tinggi. Indonesia merupakan salah satu negara itu, sekarang Indonesia telah mulai membuat rencana untuk membuat konektivitas internet mereka makin cepat. orang dengan nama Basuki Endah Priyanto yang berasal dari bandung ini adalah salah satu pelopor dalam dunia teknologi komunikasi. Dia adalah salah satu orang yang terlibat dalam pengembangan teknologi seluler 4G/5G di badan standarisasi dunia, mewakili salah satu perusahaan telekomunikasi di Swedia.

Apa itu jaringan 5G? Jaringan 5G adalah adalah peningkatan konektivitas internet dari 4G. jaringan 5G di perkirakan akan memiliki kecepatan jauh melebihi 4G dari gigabit ke gigabyte.sudah ada beberapa negara di dunia yang memiliki jaringan 5G. perusahaan pertama yang berhasil meluncurkan project ini adalah Verizon, perusahaan telekomuikasi sekaligus operator seluler asal Amerika Serikat (AS) yang mengumumkan telah meluncurkan jaringan internet tersebut. Verizon telah meluncurkan jaringan tersebut di beberapa kota di AS kota – kota itu adalah Los Angeles, Sacramento, Houston, Indianapolis. Orang pertama yang menggunakan jaringan ini adalah Clayton Harris dari Houston, AS. Di katakan bahwa kecepatan jaringan ini sampai 300 mbps bahkan bisa sampai 1 gigabyte, padahal dengan kecepatan 300 mbps kita bisa mendownload data dengan size 1 GB dalam 28 detik. bayangkan secepat apa jaringan itu jika kita kecepatanya mencapai 1GB.

Jaringan 5G ini di nyatakan bahwa akan di luncurkan di Indonesia pada tahun 2019. Seperti yang di katakana oleh Vice President Network Solution Ericsson Indonesia dan Timor Leste, Ronni Nurmal. “Kalau Indonesia, saya memperkirakan massive deployment 5G akan mulai pada 2021,” kata Ronni. dengan adanya jaringan ini negara kita akan semakin maju dan berkembang. 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

  • https://tekno.kompas.com/read/2018/10/02/16060047/jaringan-5g-pertama-di-dunia-resmi-online
  • https://www.liputan6.com/tekno/read/3014019/basuki-priyanto-sosok-di-balik-pengembang-teknologi-4g-dan-5g
  • https://tekno.kompas.com/read/2017/12/19/11040667/negara-maju-tahun-2019-kapan-indonesia-kebagian-internet-5g
  • https://teknorus.com/siapa-penemu-teknologi-jaringan-5g/
Hisham Audiputra Suharto