Alternatif Tools AI Selain ChatGPT

Dalam era yang didominasi oleh Artificial Intelligence (AI), penggunaan teknologi AI telah menjadi hal yang umum dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu AI yang paling terkenal dan paling banyak digunakan saat ini adalah ChatGPT, chatbot berbasis AI yang dapat berinteraksi dan merespons menggunakan kata yang sangat runtut dan kontekstual. Namun, popularitas ChatGPT yang sangat tinggi menyebabkan banyaknya jumlah pengguna, yang pada beberapa kesempatan menyebabkan terjadinya kondisi kelebihan kapasitas. Namun, selain ChatGPT masih terdapat banyak tools AI yang tidak kalah menariknya.

Dalam artikel ini, kami akan mengenalkan beberapa alternatif AI tools yang menarik dan relevan. Tools AI ini dirancang untuk membantu meningkatkan pemahaman, mengakses sumber daya yang berharga, dan mengembangkan keterampilan di berbagai bidang, bukan sebagai alat untuk melakukan kecurangan. Berikut adalah beberapa alternatif AI tools  selain ChatGPT:

  1.             ChatSonic

Sumber: writesonic.com

ChatSonic menggunakan teknologi GPT-4 untuk memberikan respon yang lebih baik dan lebih cepat dibandingkan dengan ChatGPT. Dengan ChatSonic, pengguna dapat melakukan pencarian data, gambar, dan suara secara langsung karena ChatSonic didukung oleh Google Search untuk informasi terkini terkait peristiwa terbaru dan topik yang sedang populer secara real-time. Selain itu, ChatSonic juga dapat membantu pengguna dalam membuat konten seperti teks media sosial atau postingan blog. Pengguna juga dapat memberikan perintah suara dengan ChatSonic dan menerima respon dalam bentuk suara, seperti halnya Siri atau Google Assistant. Banyak orang menganggap ChatSonic sebagai alternatif terbaik untuk ChatGPT dan ini telah diakui secara global oleh Google. Walaupun ChatSonic tidak tersedia secara gratis, mereka menawarkan uji coba dengan batasan hingga 10.000 kata.

 

  1.             Bing AI

Sumber: blogs.microsoft.com

Baru-baru ini, Microsoft telah mengintegrasikan AI ke dalam mesin pencarian mereka yang kini dikenal sebagai Bing AI. Bing AI menggunakan GPT-4 yang mana lebih canggih dari GPT-3.5 yang digunakan oleh ChatGPT. Chatbot pada Bing AI menawarkan tiga opsi mode percakapan yang dapat dipilih, yaitu Mode Creative, Mode Balanced, dan Mode Precise. Dengan adanya opsi ini, pengguna dapat menyesuaikan dan mengubah gaya percakapan sesuai dengan preferensi dan pengalaman interaktif yang diinginkan. Bing AI dapat diakses secara gratis namun untuk memulai menjelajahi layanan tersebut, pengguna perlu memiliki akun Microsoft terlebih dahulu.

  1.             YouChat

Sumber: you.com

YouChat menggunakan model AI GPT-3.5 dari OpenAI, yang memungkinkan YouChat memiliki kemampuan percakapan yang sebanding dengan ChatGPT. YouChat adalah asisten AI yang memberikan data real-time serta mencantumkan sumber untuk meningkatkan akurasi dan relevansi. Dengan YouChat, pengguna dapat mengajukan pertanyaan yang kompleks, memecahkan masalah melalui pemikiran logis, mempelajari bahasa baru, dan membuat konten dalam berbagai bahasa. Chatbot ini sudah dilengkapi oleh teknologi voice recognition dan juga gratis untuk diakses.

 

  1.             Jasper chat

Sumber: jasper.ai

Berbeda dengan ChatGPT yang dapat diakses oleh semua orang, Jasper Chat secara khusus dirancang untuk penggunaan komersial di sektor-sektor seperti periklanan, pemasaran, dan industri lainnya. Jasper Chat menggunakan GPT-3.5 dari OpenAI dan model Natural Language Understanding (NLU) internal. Jasper Chat memiliki kegunaan khusus dalam tugas-tugas terkait layanan pelanggan, penjualan, dan pemasaran. Oleh karena itu, Jasper Chat ini lebih cocok digunakan untuk tujuan komersial daripada penggunaan pribadi. Selain itu, keunggulan dari Jasper Chat adalah dapat diintegrasikan dengan software luar. Meskipun Jasper Chat dapat diakses secara gratis, untuk mendapatkan akses lengkap ke semua fitur-fiturnya, pengguna perlu berlangganan dengan Jasper’s Boss atau Business plan.

 

  1.             Perplexity

Sumber: perplexity.ai

Perplexity merupakan salah satu alternatif ChatGPT yang dapat diakses secara gratis. Perplexity menggunakan GPT-3.5 dari OpenAI. Berbeda dengan ChatGPT, Perplexity memiliki keunggulan dalam memberikan jawaban atas pertanyaan dengan menambahkan kutipan dan referensi yang menunjukkan asal informasi. Hal ini memastikan keakuratan dan keandalan informasi yang disampaikan.

 

Source:

https://writesonic.com/blog/chatgpt-alternatives/

https://sohib.indonesiabaik.id/article/alternatif-tools-selain-chatgpt-dNV1c

https://www.trenasia.com/5-rekomendasi-alternatif-chatbot-selain-chat-gpt-dari-open-ai

https://www.mainmain.id/r/20781/4-platform-ai-selain-chat-gpt-tertarik-buat-coba-tanya-tanya

https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/03/094500265/3-chatbot-ai-selain-chatgpt-untuk-jawab-pertanyaan-apa-saja-?page=all