HISHOT 2023 Workshop: Seeing Beyond the Power of Data and Computer Vision

Setelah sukses menyelenggarakan seminarnya pada tanggal 17 Juni, HIMTI Seminar dan Workshop (HISHOT) 2023 yang bertemakan “Aiming to Advance the World with AI” kembali memeriahkan acaranya dengan menyelenggarakan acara Workshop HISHOT 2023 untuk memperluas pengetahuan masyarakat mengenai teknologi Artificial Intelligence. Acara Workshop terbagi atas dua periode pelaksanaan dan dilaksanakan secara online/daring.

Workshop HISHOT periode pertama dengan judul “Unlocking the Power of Data: A Data Science Workshop” diselenggarakan pada hari sabtu, 22 Juli 2023 dan dilatih oleh David Brandon Wilando, seorang AI/ML engineer dari Philip Morris International dan merupakan alumni dari Universitas Bina Nusantara. Pada workshop ini, peserta diperkenalkan dan belajar mengenai cara mengolah dan mengevaluasi data.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dibawakan oleh Allin Setiawan selaku MC Workshop 1. Di sesi pertama workshop periode pertama, trainer memperkenalkan peserta pada konsep materi yang akan disimulasikan pada sesi kedua seperti Classification, Regression, Time series, dan lain-lain.

Dilanjutkan pada sesi kedua, trainer memberikan langkah-langkah bagaimana cara melakukan preprocessing, data cleaning, regression, dan mengevaluasi data menggunakan website Google Colab dengan benar.

Selanjutnya, Workshop HISHOT periode kedua diselenggarakan pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 dan dilatih oleh Nanda Pratama, seorang AI, Machine Learning, and Data Science Professional dan alumni dari Universitas Bina Nusantara. Dalam workshop kedua ini yang berjudul “Seeing Beyond the Pixels: Exploring Computer Vision”, peserta dapat mempelajari dan mempraktekkan bagaimana sebuah komputer dapat “melihat”.

Tak kalah dengan workshop periode satu, workshop periode dua yang dibawakan oleh Kresna selaku MC Workshop 2 juga mendapatkan antusias yang sangat besar dari para peserta. Pada sesi pertama di workshop periode kedua, trainer menjelaskan Deep Learning dalam konteks Computer Vision dan cara kerja Image Classification.

Lalu, diikuti dengan sesi kedua dimana trainer melakukan simulasi Image Classification menggunakan CNN (Convolutional Neural Network) di website Google Colab. Setelah sesi kedua selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab menggunakan Slido dan ditutup dengan sesi dokumentasi. Kedua workshop telah berlangsung dengan kondusif dan mendapatkan feedback yang sangat positif dari para peserta.

Kedua acara workshop ini diharapkan dapat membekali para peserta untuk berkarya dan berinovasi dalam bidang Artificial Intelligence dengan memperluas ilmu dan skill peserta di bidang tersebut. Dengan demikian, Workshop periode dua menjadi akhir dari rangkaian acara pertama di HISHOT 2023.