Penggunaan Internet of Things di Era Pandemi

Apa itu Internet of Things?

Internet of things adalah sistem perangkat yang saling terkait. Mesin, digital, ataupun orang yang dilengkapi pengidentifikasian yang unik Internet of Things memiliki kemampuan untuk mengirim data lewat jaringan internet tanpa adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. Pengertian IoT yang lain adalah konsep yang menghubungkan semua perangkat ke internet dan memungkinkan perangkat IoT berkomunikasi satu sama lain melalui internet. Sehingga apabila Perangkat yang terhubung ke Internet dan masih dalam lingkup yang satu dengan IoT maka perangkat tersebut dapat berbagi data atupun berinteraksi.

 

Penggunaan Internet of Things Dalam Era Pandemi 


Seperti yang kita ketahui, era pandemi ini mengharuskan kita untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker. Himbauan social distancing atau menjaga jarak antara kita dengan lingkungan sosial menjadi salah satu kebiasaan yang belum bisa diterima oleh sebagian masyarakat Indonesia, yang mengakibatkan virus ini masih mudah untuk menyebar antar individu. Hadirnya Internet of Things dapat menjadi salah satu solusi dari masalah ini dengan menyediakan layanan yang mampu meminimalisir kontak antar manusia. Oleh karena keunggulannya, banyak perusahaan di Indonesia mulai mengimplementasikan teknologi IoT terutama dalam bidang kesehatan untuk membantu mencegah, mengobati, dan mendeteksi COVID-19 serta menuntun kehidupan masyarakat ke arah hidup sehat.

 

Cara kerja IoT

Sebenarnya, cara kerja IoT tidak terlalu rumit. IoT bekerja dengan cara menjalankan suatu algoritma pemrograman yang telah dibuat oleh manusia, di mana tiap algoritmanya menghasilkan interaksi antar mesin secara otomatis sehingga mesin tidak memerlukan bantuan manusia. Adapula hal yang harus diingat bahwa jaringan internet merupakan jembatan penghubung antara sistem dengan perangkat keras. Campur tangan manusia hanya ada pada bagian membuat algoritma dan memantau jalannya algoritma hingga sesuai dengan keperluan yang dimiliki.

 

Manfaat Implementasi IoT dalam Era Pandemi

1. Dapat mengukur kualitas udara dengan sensor IoT

Kita tahu bahwa kualitas udara yang berada di Jakarta dapat terbilang buruk dan tidak stabil (menurut pantauan melalui platform kualitas udara IQAir.com pada Senin (16/8/2021). Kita juga tahu bahwa partikel dari virus COVID-19 berukuran nanometer yang pastinya tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. partikel COVID-19 juga memiliki potensi untuk menyatu dengan kondisi udara di Jakarta, melihat kondisi udara di Jakarta yang tidak stabil. Perusahaan mCloud Technologies asal Kanada menciptakan sensor IoT pada filter udara HVAC sehinga sensor tersebut dapat mendeteksi perubahan kualitas udara. Di indonesia pun terdapat alat BROAD CLEAN AIR di RSPP (Rumah Sakit Pusat Pertamina). Alat ini bekerja dengan prinsip yang mirip dengan alat HVAC, yang berfungsi sebagai desinfektan ruangan guna mencegah penyakit menular yang lainnya.

 

2. Pemetaan  Wabah

Pada masa pandemic saat ini peta yang bisa dilihat secara real-time merupakan salah satu alat yang sangat membantu untuk melacak penyebaran wabah penyakit. Salah satunya aplikasi yang dibuat oleh pemerintah indonesia, yang diberi nama Peduli Lindungi. Melalui Peduli Lindungi, pengguna bisa melihat data terbaru secara statistik maupun dari peta lokasi pengguna saat ini; mampu melihat lokasi dimana pasien yang terjangkit COVID-19 sedang berada dan perkembangan penyebaran virus ini. Dengan menerapkan teknologi IoT, PeduliLindungi bukan lagi hanya menyediakan sumber perbincangan soal COVID-19, tetapi pengguna bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan akurat mengenai wabah yang tersebar serta penanganannya.

 

3. Aplikasi untuk absensi 

Sebuah aplikasi untuk pendataan absensi pada suatu instansi seperti perkantoran maupun sekolah sangat diperlukan akhir-akhir ini guna membatasi adanya kontak fisik. Teknologi absensi berbasis aplikasi ini sendiri dapat digunakan melalui ponsel pribadi yang sudah terunduh aplikasinya yang semakin memudahkan sebuah instansi untuk tetap merekam data kehadiran karyawan/mahasiswa secara real-time.

 

Kita sekarang memasuki era dimana perkembangan teknologi digital sedang berkembang  pesat dalam segala bidang di Indonesia, salah satunya ialah teknologi IoT ini. Melihat dari manfaat IoT diatas, kita seharusnya sebagai generasi milenial mau untuk terlibat dan membantu dalam perkembangan teknologi IoT di Indonesia, terlebih di bidang kesehatan yang dibutuhkan dalam keadaan pandemi seperti sekarang.

 

Daftar Pustaka