LDK-CP HIMTI 2023: Being CATALYST with HIMTI

Kamis, 3 Agustus 2023

LDK-CP HIMTI 2023 telah sukses diselenggarakan ke dalam 2 tahap secara hybrid. Tahapan pertama adalah acara yang bertujuan untuk mengeratkan kekeluargaan antar aktivis dan pemberian materi fungsi organisasi dalam aspek manajemen strategis dan regenerasi. Lalu, tahapan kedua yang sekaligus merupakan tahapan akhir dari rangkaian LDK-CP HIMTI 2023 ini bertujuan untuk memberikan gambaran fungsi organisasi dalam aspek administrasi dan operasional, humas, dan keuangan. Tahapan pertama adalah acara bonding yang diadakan pada 2 region, yaitu Jakarta dan Malang. LDK-CP di Jakarta diadakan secara full-onsite pada Senin, 17 Juli 2023 di Bumi Perkemahan Ragunan yang dihadiri oleh aktivis B26 dari region Greater Jakarta (Alam Sutera, Kemanggisan, Senayan, dan Bekasi) dan region Bandung. LDK-CP di Malang diadakan pada Sabtu, 22 Juli 2023 secara hybrid di Binus @Malang bagi Aktivis Region Malang dan Online via Zoom bagi Aktivis region Semarang. Adapun tahapan kedua sekaligus terakhir dari LDK-CP HIMTI 2023 berlangsung secara full-online via Zoom pada Minggu, 30 Juli 2023.

Dalam rangkaian acara LDK-CP yang dilakukan pada 17 Juli 2023, diantaranya terdapat seminar dan games. Seminar ini dibawakan oleh Kevin Charles selaku ex President HIMTI region Kemanggisan 2022-2023 dengan tema yang disampaikan adalah Strategic Management and Regeneration. Topik yang dibawakan secara garis besarnya adalah bagaimana cara melakukan mapping dan mengimplementasikan proses yang akan mendukung tujuan yang ingin dicapai dalam organisasi. Selain itu, seminar ini juga membahas bagaimana cara yang tepat untuk menyelesaikan sebuah study case dengan tahap yang benar dan dilakukan secara Focus Group Discussion. Setelah kelompok menyatakan pendapat dan hasil yang diperoleh, kelompok lainnya diizinkan untuk memberi feedback atau masukan pada kelompok yang telah mengutarakan jawaban mereka.

Rangkaian games yang dilakukan diantaranya adalah berdiri di atas koran, tebak kata, pandora box, galaktik, who’s the leader, dan jaga lilin. Berdiri di atas koran melatih problem solving peserta karena games tersebut memerlukan kerja sama agar tim yang di atas koran dapat menampung seluruh kaki anggotanya. Tebak kata mengembangkan skill komunikasi karena di dalam games ini pemain perlu menebak kata dengan menggunakan gerakan/peragaan tubuh tanpa berbicara. Pandora box untuk menguji keberanian dan keteguhan pemain karena dalam berorganisasi kita harus berani dan teguh untuk menyampaikan pendapat dan melakukan suatu tindakan. Galaktik untuk menguji para pemimpin apakah diri mereka memiliki jiwa leadership serta mampu membimbing teman-temannya untuk mengikuti suara pemimpin. Games berikutnya adalah who’s the leader yang mengharuskan setiap leader bertanggung jawab ke teman-temannya. Games terakhir merupakan jaga lilin untuk melatih kerjasama karena setiap kelompok harus memikirkan strategi dan kekompakkan untuk mempertahankan api dari lilin tersebut agar tetap menyala.

Rangkaian acara LDK-CP yang dilakukan pada 22 Juli 2023 bertempat di BINUS Malang, adapun rangkaian acara yang dilakukan adalah seminar secara Hybrid dan Focus Discussion. Seminar LDK-CP 2023 region Malang dibawakan oleh Audina Maharani selaku ex-Chairman HIMTI 2023 dengan tema yang dibawakan Strategic Management and Regeneration. Topik yang dibawakan secara garis besarnya adalah bagaimana cara melakukan mapping dan mengimplementasikan proses yang akan mendukung tujuan yang ingin dicapai dalam organisasi. Selain itu, seminar ini juga membahas bagaimana cara yang tepat untuk menyelesaikan sebuah study case dengan tahap yang benar dan dilakukan secara Focus Discussion.

Kemudian, akhir dari rangkaian LDK-CP 2023 diadakan pada 30 Juli 2023 secara online dengan tema dan speaker yakni Administration and Operation – Leonardo Wijaya selaku ex-Manager of Resource Development, Finance – Musyaffa Ayman Rafif selaku General Treasurer of HIMTI 2023, dan Branding – Kevin Charles selaku ex-President HIMTI region Kemanggisan 2022-2023. Secara garis besar, materi Administration and Operation membahas tentang target dan tujuan dari sebuah acara organisasi, pengorganisasian dan pengelolaan sumber daya alam dalam organisasi, proses dan tahapan saat pengambilan keputusan, dan cara memanajemen waktu dengan tepat. Kemudian, materi Finance membahas tentang pengenalan keuangan secara umum, financial yang ada pada HIMTI, cara merencanakan sebuah keuangan, dan menjelaskan secara umum istilah-istilah yang ada pada perbendaharaan, selain itu juga memberikan sebuah project bagaimana cara membuat laporan keuangan HIMTI secara dasar. Dan materi yang terakhir mengenai branding yakni menjelaskan materi bagaimana cara membuat HIMTI University menjadi himpunan mahasiswa yang dapat dikenal se-Asia Tenggara pada tahun 2025 mendatang.

LDK-CP HIMTI 2023 berjalan dengan lancar dan sukses. Melalui LDK-CP ini, peserta diharapkan bisa mengimplementasikan materi-materi yang telah diberikan sehingga menjadi pribadi yang siap untuk melanjutkan kepengurusan HIMTI periode berikutnya.