Peluang dan Tantangan Transformasi Digital di Dunia Pendidikan

Sumber: gurudikdas.kemdikbud.go.id

Era digital adalah era di mana informasi dapat dengan mudah untuk didapatkan dan juga disebarluaskan, era digital juga menyebabkan transformasi digital di berbagai sektor-sektor kehidupan manusia, terutama sektor pendidikan. Hal ini telah terjadi secara pesat selama beberapa tahun terakhir yang membuat perubahan signifikan dan memberikan dampak dalam membawa perkembangan di dunia pendidikan. 

Transformasi digital dalam dunia pendidikan membuat proses pembelajaran secara tradisional berubah menjadi menggunakan teknologi atau digital. Dari hal tersebut didapatkan poin penting, yaitu “berubah”. Kegiatan yang berubah dapat kita lihat dari proses pembelajaran melalui cara mengajar serta cara belajar. Pada zaman transformasi digital, guru dapat mengajar di mana saja melalui aplikasi Zoom sehingga tidak terbatas hanya dapat mengajar di kelas. Selain itu, pada zaman transformasi digital, siswa juga dapat belajar di mana saja melalui internet seperti aplikasi Youtube. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan dan membawa transformasi digital ke dunia pendidikan. Namun, membawa perkembangan di dunia pendidikan, tentunya terdapat manfaat serta tantangan yang dapat diperoleh dan dipersiapkan.

Sumber: sohib.indonesiabaik.id

Dengan transformasi digital di dunia pendidikan, terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya adalah kemudahan untuk melaksanakan dan mengikuti pembelajaran jarak jauh atau online seperti yang kita rasakan ketika pandemi COVID-19 yang membuat kita tidak bisa bepergian ke luar, membuat sekolah harus beralih ke pembelajaran jarak jauh atau online, seperti melalui Zoom yang digunakan oleh guru dan tenaga pengajar untuk mengajar siswa secara virtual serta Google Classroom yang digunakan oleh guru dan tenaga pengajar untuk memberikan dan tempat mengumpulkan tugas atau materi. Selain itu, dengan pemanfaatan transformasi digital, dapat berguna juga untuk siswa dalam memvisualisasi dan memahami materi yang diajarkan oleh guru dan tenaga pengajar yang dapat dilihat melalui video recording tentang materi yang diajarkan oleh guru dan tenaga pengajar, sehingga video tersebut dapat ditonton ulang oleh siswa agar dapat memahami materi dengan lebih baik.

Namun, dalam mencapai dan melakukan transformasi digital di dunia pendidikan, perlu sumber daya yang memadai, seperti: akses internet, listrik, serta kompetensi teknologi yang merata dan memadai. Maka dari itu, peran pemerintah sangat diperlukan dalam menyediakan infrastruktur dan sumber daya yang berguna dan dibutuhkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia, terutama untuk sekolah-sekolah yang belum memiliki sumber daya yang memadai. Perlu diingat, peran pemerintah sangatlah penting agar tidak ada sekolah yang tertinggal dalam era transformasi digital dan setiap sekolah di Indonesia memiliki sumber daya yang sama-sama memadai dan merata.

Selain dari sumber daya tersebut, diperlukan peningkatan sumber daya manusia oleh guru dan tenaga pengajar agar dapat meningkatkan kompetensi teknologi mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan dan mengharuskan guru dan tenaga pengajar untuk mengikuti pelatihan, kurus, webinar, atau kelas online. Dengan memberikan dan mengharuskan hal tersebut, diharapkan guru dan tenaga pengajar dapat mengembangkan keterampilan mereka dalam mengajar menggunakan teknologi dan aplikasi yang dibutuhkan dalam proses mengajar.

Maka dari itu, dalam mencapai transformasi digital di dunia pendidikan, perlu peran aktif dari orang-orang yang bersangkutan untuk menghadapi tantangan yang ada, melalui pemerintah, guru dan tenaga pengajar, siswa, orang tua, serta setiap masyarakat untuk bersama-sama memastikan bahwa transformasi digital di dunia pendidikan dapat memberikan manfaat dalam dunia pendidikan.

 

Source:

Herdiana, A. (2022). Transformasi Pendidikan di Era Digital. https://kumparan.com/aan-herdian89/transformasi-pendidikan-di-era-digital-1zG74Ilpzc4/full

Rohman, I, U. (2022). Manfaat dan Tantangan Transformasi Teknologi Pada Dunia Pendidikan. https://kabarrakyatmerdeka.com/manfaat-dan-tantangan-transformasi-teknologi-pada-dunia-pendidikan/

Surya, I. (2022). Manfaat dan Tantangan Transformasi Digital Sektor Pendidikan. https://digitalbisa.id/artikel/manfaat-dan-tantangan-transformasi-digital-sektor-pendidikan-VyuWc