TECHFEST 2023: Think Futuristic and Deliver Growth


Technology Festival (TECHFEST) 2023 merupakan acara tahunan yang diadakan oleh HIMTI Universitas Bina Nusantara. Kegiatan TECHFEST tahun ini mengambil tema “Think Futuristic and Deliver Growth”. Tema tahun ini diambil dengan tujuan dapat membantu dan mengajak mahasiswa serta masyarakat luas untuk berpikiran maju dan berkembang bersama, terutama dalam bidang teknologi. TECHFEST 2023 terdiri dari beberapa rangkaian acara berupa kompetisi, seminar (TechTalk), dan pameran teknologi (TechExpo).

Pada hari Jumat, 28 Juli 2023, HIMTI Universitas Bina Nusantara menyelenggarakan acara utama TECHFEST yang terbuka untuk umum dengan 3 agenda utama yakni:

  1. Seminar (TechTalk) dengan tema “Unwrapping Future Tech Career” yang terdiri dari dua sesi;
  2. Pameran teknologi (TechExpo) yang diadakan secara online untuk memamerkan karya mahasiswa. Karya yang dikumpulkan berjumlah 9 buah dan dapat diakses melalui link https://techfest2023.himtibinus.or.id/techfest-showcase/index.html atau pada website TECHFEST 2023;
  3. Pengumuman pemenang lomba yang telah diadakan sebelumnya, dengan total 2 cabang lomba (UI/UX dan Big Data).

Acara ini diadakan pada pukul 13.00 WIB dan bertempat di aula lantai 8 BINUS @Kemanggisan Kampus Anggrek.

Mulainya acara ditandai dengan masuknya Master of Ceremony (MC) ke panggung, doa pembuka yang dipimpin oleh panitia, dan menyanyikan mars Binusian. Setelah peserta dipersilakan untuk duduk, Dierta Pasific selaku ketua acara TECHFEST 2023 memberikan kata sambutan, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Natalia Lairan selaku Chairman HIMTI.

Kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dengan TechTalk sesi pertama yang membahas tentang “The Career Journey and the Use of Big Data as Data Analyst”. Sebagai pembicara, Kak Katia Evelyn Husen, S.Kom., berbagi pengalaman dan wawasan sebagai seorang data analyst. Acara tersebut dipandu oleh Pak Said Achmad, S.Kom., M.Kom. sebagai moderator. Memasuki sesi tanya jawab, terlihat peserta yang hadir secara onsite maupun online mengajukan pertanyaan secara aktif. TechTalk sesi pertama ditutup dengan adanya penampilan dance dari salah satu UKM BINUS yaitu STAMANARA. Lalu acara dilanjutkan dengan sesi ISHOMA.

Setelah selesai beristirahat, peserta disambut dengan sesi games yang terdiri dari 4 pertanyaan. Dalam sesi ini, peserta diminta untuk menebak emoji yang membentuk kata-kata. Peserta yang berhasil menjawab dengan benar mendapatkan hadiah berupa merchandise. Saat suasana sudah mencair, rangkaian acara dilanjutkan dengan TechTalk sesi kedua yang membahas tentang “The Career Journey and How Recent Developed Technology Influence Front-End Developers”. Pembicara TechTalk sesi kedua yaitu Kak Helena Natanael, S.Kom, berbagi pengalaman dan wawasan sebagai seorang front-end developer. Acara berlangsung secara interaktif karena dipandu oleh Pak Henry Chong, S.Kom., M.TI., CEH, CHFI.. Tanpa mengurangi antusiasme peserta, sesi tanya jawab berlangsung secara aktif seperti TechTalk sesi pertama.

Memasuki akhir acara, kini saatnya mengumumkan pemenang lomba. Pengumuman tersebut sungguh mendebarkan untuk peserta lomba yang hadir baik secara onsite maupun online. Pemenang lomba kemudian diberikan penghargaan dan hadiah, serta dilakukan dokumentasi. Tidak lupa, acara ditutup kembali dengan doa. Acara kemudian diakhiri dengan adanya dokumentasi bersama.



Acara TECHFEST 2023 “Think Futuristic and Deliver Growth” berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat menjadi acara yang berkesan dan informatif bagi peserta.