Beginilah Inovasi Lingkungan Kerja Bagi Pekerja IT di Startup vs di Perusahaan Besar Indonesia

Pekerjaan di bidang IT seperti Web Developer, Software Developer, IT Support, dan sebagainya merupakan pekerjaan yang menjadi salah satu yang diminati oleh banyak orang dan dilirik oleh banyak perusahaan di Indonesia, serta jurusan di perkuliahan  yang berhubungan dengan pekerjaan di bidang IT seperti ilmu komputer, teknik informatika, dan sistem informasi menjadi salah satu jurusan yang paling diminati dan mendapatkan gaji tertinggi di tahun 2022. Hal tersebut dikarenakan pekerjaan di bidang IT sangat berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan industri yang dimana banyak perusahaan yang sudah banyak mengadopsi teknologi di era digital ini seperti bisnis yang berbasis internet, program efisiensi pekerja, dan database perusahaan yang perlu dioperasikan oleh pekerja di bidang IT yang sehingga membuat pekerjaan ini memiliki peluang kerja yang besar dan dilirik oleh banyak perusahaan mulai dari perusahaan yang baru merintis yaitu startup dan perusahaan besar di Indonesia. Startup itu sendiri merupakan perusahaan rintisan yang belum lama ini beroperasi atau masih pada fase pengembangan untuk terus menemukan pasar maupun mengembangkan layanan atau produknya yang berbasis teknologi. Sedangkan perusahaan besar adalah perusahaan yang kekayaan bersih sebesar Rp10 Miliar dan memiliki penjualan lebih dari Rp. 50 Milyar untuk setiap tahunnya. Meski kedua perusahaan tersebut saling melirik dan dilirik oleh banyak pekerja di bidang IT, tetapi tidak dipungkiri lagi bahwa kedua perusahaan tersebut memiliki lingkungan kerja yang berbeda satu sama lain.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat di Indonesia, banyak perusahaan startup yang mulai bermunculan seperti Ternak Uang, Flip, dan lain-lainnya yang memang belakangan ini menjadi sebuah trend dan populer di kalangan fresh graduate untuk bekerja dan memulai karir di perusahaan ini. Khususnya untuk para pekerja IT menjadi salah satu jenis pekerjaan yang paling cocok untuk bekerja di lingkungan kerja startup sebagai perusahaan yang merintis dan berbasis teknologi. Selain itu, hal-hal yang membuat startup menjadi lingkungan kerja yang baik dan inovatif yakni sebagai berikut

  1. Lingkungan kerja di startup terkenal sebagai lingkungan kerja yang mendukung kebebasan karena para karyawan di startup memiliki jam kerja yang fleksibel, dapat menggunakan pakaian yang bebas, dan memiliki komunikasi antar karyawan yang terbuka.
  2. Bekerja di startup merupakan salah satu tempat yang tepat untuk mengawali karir karena lingkungan kerja yang dinamis dan terus berkembang, serta adanya proram training atau mentoring yang sangat membantu karyawan untuk berkembang dan membuahkan hasil kerja yang berkualitas sesuai standar dan skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. 
  3. Tempat kerja startup juga dapat dikatakan sebagai tempat kerja yang terbuka dan tidak ada sekat atau cubicle antar karyawan sehingga dapat membangun koneksi dan komunikasi yang lancar bagi para karyawan. Desain dari tempat kerjanya juga menarik, modern, dan memanfaatkan teknologi-teknologi yang membantu produktivitas para karyawan.
  4. Gaji yang ditawarkan oleh perusahan startup tidaklah main-main saat perusahaan sudah bergerak di waktu yang cukup lama, gaji yang ditawarkan cenderung lebih tinggi dibanding entry level di perusahaan lain. 

Salah satu perusahaan startup yang sudah menerapkan lingkungan kerja yang baik dan inovatif adalah Bukalapak yang terkenal sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Perusahaan ini mengadopsi teknologi inovatif yaitu monitoring performa karyawan sehingga data-data performa dari para karyawan dapat terkelola dan terpaparkan untuk bisa dievaluasi dan ditingkatkan performa dari karyawan tersebut untuk peningkatan kinerja perusahaan.  

Sedangkan perusahaan besar sebagai perusahaan yang sudah merintis dengan waktu yang cukup lama, mereka mempunyai beberapa cara untuk membuat lingkungan kerja yang baik dan inovatif yakni sebagai berikut

  • Membuat Budaya Kerja yang Fleksibel namun Profesional

Setiap perusahaan tentu saja memiliki sistem dan peraturannya sendiri tetapi tidak melupakan fokus utama mereka untuk membuat karyawan merasa nyaman pada saat bekerja. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menciptakan budaya kerja yang fleksibel tetapi tetap profesional untuk meningkatkan produktivitas karyawan supaya bisa menghasilkan inovasi baru.

  • Membuat Lingkungan Kerja yang Sehat

Lingkungan kerja yang sehat tentu saja akan mempengaruhi kenyamanan karyawan pada saat bekerja. Lingkungan kerja yang sehat dapat dimulai dari menyediakan sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang baik dan fasilitas-fasilitas yang baik untuk mendukung lingkungan kerja yang sehat.

  • Membuat Ruangan Kantor Dengan Nyaman

Menata ruangan tempat kerja juga dapat meningkatkan kualitas karyawan dalam bekerja. Ruangan kantor yang dirasa nyaman akan meningkatkan produktivitas karyawan untuk menciptakan inovasi baru.

Salah satu perusahaan besar yang sudah menerapkan lingkungan kerja yang baik dan inovatif adalah perusahaan BCA. Perusahaan BCA sudah terkenal sebagai perusahaan besar di Asia yang bergerak pada bidang perbankan. Salah satu contoh inovasi teknologi yang ada di perusahaan BCA adalah RODEST. RODEST merupakan sebuah teknologi yang mengintegrasikan kolaborasi antara robot dengan Robotic Process Automation (RPA). RODEST ini dapat melakukan aktivitas seperti manusia, yaitu dapat menggesek kartu, memilih menu dan memasukan pin. RODEST ini berguna untuk meninjau perkembangan atau perbaikan pada mesin ATM.

Kesimpulan dari penjelasan yang ada diatas adalah, perbedaan lingkungan kerja antara perusahaan startup vs perusahaan besar dapat dibagi menjadi beberapa poin, antara lain : 

  • Kesempatan berkarir

Pada perusahaan startup, tentu saja kita dapat memilih lebih luas karena perusahaan startup adalah perusahaan yang baru saja berkembang. Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan startup akan jauh lebih besar dan juga di perusahaan startup ini kamu juga bisa mendapatkan banyak pengalaman baru.

Sedangkan di perusahaan besar mereka sudah memiliki aturan yang jelas. Sehingga karyawan relatif jauh lebih sulit untuk jenjang karir mereka. Karyawan yang ada diperusahaan terbesar harus memenuhi target yang sudah ditentukan untuk bisa menaikkan jabatan mereka. Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar relatif lebih sulit karena memiliki banyaWaktu Kerjak pesaing dari berbagai daerah.

Waktu bekerja di perusahaan startup jauh lebih fleksibel, karyawan tidak harus terpaku pada jam kerja perusahaan seperti masuk jam 8 pagi dan pulang jam 4 sore. Namun hal ini juga dapat memiliki kekurangan, jika ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan, kamu harus bersiap untuk bekerja di luar jam kerja tersebut.

Sedangkan di perusahaan besar ini akan cocok untuk kamu yang suka menaati peraturan, karena jam kerja di perusahaan memiliki aturan untuk bekerja selama 8 jam dalam sehari mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Aturan tersebut wajib diikuti, tetapi karyawan akan cenderung lebih cepat bosan dengan rutinitas yang monoton seperti itu.

  • Tempat Kerja

Tempat kerja di perusahaan startup biasa disebut dengan coworking space. Coworking space adalah sebuah ruangan kerja tanpa sekat, oleh karena itu coworking space ini akan sering bekerja sama dengan orang dari divisi yang berbeda dalam satu ruangan.

Sedangkan di perusahaan besar tempat kerjanya sudah dibagi dari tiap divisi, sehingga akan sangat jarang sekali kamu bisa bertemu dengan teman dari divisi kerja yang berbeda.

  • Fasilitas

Fasilitas yang ada di perusahaan startup tergolong belum cukup lengkap, salah satu contohnya kamu harus membawa laptop sendiri dan sebagainya. Tetapi hal ini memiliki kelebihan yaitu memudahkan kamu untuk bekerja secara bebas dari mana saja.

Sedangkan di perusahaan besar biasanya sudah memiliki gedung sendiri dengan fasilitas-fasilitas lengkap yang dibutuhkan. Tetapi kebanyakan kamu akan bekerja di perusahaan besar yang berada di daerah pusat kota dan tentu saja dapat berakibat sering terkena macet. 

  • Gaji

Gaji untuk karyawan di perusahaan startup ini dapat dibilang relatif. Karena apabila perusahaan startup yang sudah bergerak di waktu yang cukup lama tentu saja akan memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan dengan perusahaan startup yang baru saja berjalan dengan gaji yang tidak jauh dari UMR atau Upah Minimum Regional.

Sedangkan perusahaan besar biasanya sudah memiliki gaji yang ditulis secara detail mulai dari gaji, bonus, tunjangan dan sebagainya. Belum lagi karyawan yang bekerja lembur akan mendapatkan gaji lebih.

  • Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial di perusahaan startup akan sering menjumpai rekan kerja yang usianya seumuran atau bahkan dibawah umur kamu. Karena kebanyakan karyawan di perusahaan startup adalah generasi millenial hingga generasi Z, sehingga dapat memudahkan kamu untuk beradaptasi.

Sedangkan di lingkungan perusahaan besar biasanya orang-orang yang sudah memiliki pengalaman kerja yang relatif banyak. Rentang usianya dapat mencapai 10-30 tahun atau bahkan lebih, sehingga membuat kamu lebih pintar dalam berbicara dan beradaptasi dalam lingkungan kerja yang profesional.

Daftar Pustaka:

 


Penulis: Kanz Febriansyah dan William Thaddeus

Editor: Fisalma Maradita, Muhammad Ihsan Rafi Tribowo