Virus Komputer Paling Berbahaya

Sumber gambar: 
https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&ved=2ahUKEwjogvj69MvgAhWLro8KHQNHDYY
QjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Ftipskomputer.net%2Fjenis-virus-komputer%2F
&psig=AOvVaw0UuMg_o4-pXf8MOwagmv-b&ust=1550807112986344

Bagi para pengguna komputer, virus adalah program yang berbahaya dan menakutkan karena dapat merusak sistem komputer, perangkat lunak komputer, bahkan menghapus data-data yang ada. Sebenarnya apa itu virus komputer? Virus komputer adalah program yang dapat menggandakan dirinya dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya pada program atau dokumen lain sehingga menyebabkan efek negatif pada komputer yang terjangkit. Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan antivirus. Antivirus dapat mendeteksi dan menghapus virus pada komputer. Disini kita akan membahas 5 virus komputer yang paling berbahaya.

1. ILOVEYOU

Virus ILOVEYOU ini telah menyebabkan kerugian sekitar 10 miliar dolar dan menyerang 10% dari pengguna komputer. Virus ini dibuat oleh 2 programmer asal Filipina bernama Reonel Ramones dan Onel de Guzman. Bentuk penyebarannya melalui email dengan subjek “ILOVEYOU” dan disertai lampiran bertuliskan “Love-Letter-For-You.TXT.vbs”. Setelah pengguna membuka file ini, virus ini secara otomatis mengirim dirinya ke 50 kontak pertama pada buku alamat di komputer tersebut.

2. Melissa

Virus ini dibuat oleh David L. dan menjadi berita yang menghebohkan pada 26 Maret 1999. Virus ini disebarkan melalui email dengan disertai lampiran berjudul “list.doc.”. setelah pengguna membuka file ini, virus tersebut akan mencari Microsoft Outlook dan mengirimkan dirinya secara otomatis kepada 50 kontak pertama dan memberi pesan “Here is that document you asked for, don’t show it to anybody else”.

3. My Doom

Virus ini mulai menyerang pada tahun 2004 dan telah menyerang sekitar 2 juta komputer. Virus ini disebar melalui email dengan cara mengirimkan pesan error yang bertuliskan pesan gagal terkirim. Setelah pengguna membuka pesan tersebut, virus jenis worm akan ditemukan di buku alamat pengguna. Virus ini diperkirakan telah menyebabkan kerugian sebanyak 38 milyar dolar.

 

4. Code Red

Virus ini mulai tersebar pada tahun 2001. Tidak seperti virus yang telah dibahas sebelumnya, Virus ini tidak menyerang melalui email, virus ini menyerang pengguna melalui jaringan internet. Virus ini akan merusak halaman web dan akan menampilkan pesan bertuliskan “Hacked by Chinese!”. Virus ini telah menyerang sekitar 1 juta komputer dan menyebabkan kerugian sekitar 2,6 miliar dolar.

5. Sasser

Virus yang mulai tersebar pada tahun 2004 dibuat oleh murid teknik informatika asal Jerman bernama Sven Jaschan. Virus berjenis worm ini memperlambat dan menyebabkan crash pada computer. Bahkan untuk mematikan atau reset komputer yang sudah terjangkit virus ini harus dilakukan dengan memutuskan power.

 

Daftar Pustaka :https://in.news.yahoo.com/5-most-dangerous-computer-viruses-of-all-time-113637274.html

Mesyella