Voice Generator AI: Menirukan Suara dengan Mudah

Tak dipungkiri perkembangan teknologi saat ini memang tidak ada habisnya. Baru-baru ini banyak sekali platform yang mengembangkan fitur Voice Generator AI dimana hal tersebut merupakan hasil perkembangan teknologi berbasis metode deep learning. Voice Generator AI banyak digunakan oleh warganet untuk meniru suara selebriti, seperti Ariana Grande, Jimin BTS, Harry Styles, hingga suara tokoh publik seperti Presiden Jokowi pun juga dapat ditiru dengan mudah.

Lalu sebenarnya apa sih Voice Generator AI?

Voice Generator AI merupakan sebuah program hasil perkembangan teknologi di bidang Artificial Intelligence yang menghasilkan sebuah output berbentuk sebuah audio. Teknologi ini akan bekerja dengan mempelajari dan menganalisis sekumpulan dataset suara untuk menghasilkan output audio baru sesuai dengan perintah (input) dari penggunanya. Kedahsyatan Voice Generator AI tidak sampai situ saja. Dalam beberapa kasus, Voice Generator AI juga mempunyai kemampuan untuk mengontrol suara, seperti kecepatan suara, intonasi suara, bahkan jenis kelamin dari suara tersebut dapat dibuat semirip mungkin dengan suara manusia yang sebenarnya.

Saat ini banyak sekali warganet yang memanfaatkan teknologi AI tersebut untuk membuat lagu dengan suara tiruan dari selebriti hingga tokoh publik terkenal. Program Voice Generator AI akan mengolah dataset suara yang diberikan oleh warganet untuk dijadikan sebuah output audio baru yang begitu mirip dengan suara selebriti tersebut.  Jadi, seakan-akan terdapat sebuah lagu dinyanyikan oleh selebriti maupun tokoh publik yang bukan penyanyi aslinya dengan bantuan Voice Generator AI. Setelah melihat ini semua, jika dipikir-pikir kembali bukankah begitu mudah untuk menirukan suara di zaman sekarang?

Inilah beberapa platform teknologi Voice Generator AI yang sering digunakan oleh masyarakat:

 

 

 

  1. Lovo.ai

Lovo.ai merupakan generator AI yang dapat menghasilkan output suara mirip dengan suara manusia sebenarnya dengan menggunakan kemampuan text-to-speech dan video editing pada platform tersebut. Platform ini mempunyai beberapa fitur spesial seperti  kemampuan untuk mengontrol kecepatan suara, pelafalan suara, dan control nada. Bukan hanya itu, Lovo.ai. juga dilengkapi dengan lebih dari 500 suara AI dan lebih dari 150 bahasa yang dapat digunakan.

 

 

 

2.  Voicify.ai

Voicify.ai merupakan salah satu Voice Generator AI dengan kemampuan mengolah dataset audio untuk dijadikan audio baru dengan karakter suara yang berbeda. Platform ini banyak menyediakan berbagai model karakter suara selebriti dunia, seperti Taylor Swift, Michael Jackson, dan anggota dari girl group Korea BLACKPINK. Disamping itu, penggunaan platform ini tergolong mudah sebab hanya perlu mengunggah file audio atau lagu yang kita punya, lalu program ini akan mengubah suara penyanyi dari audio atau lagu tersebut menjadi karakter suara yang kita pilih.

References :

  1. https://www.liputan6.com/tekno/read/5281319/viral-di-tiktok-ini-5-aplikasi-ai-voice-generator-yang-bisa-cover-lagu-mirip-suara-artis-dan-tokoh-publik-seperti-presiden-jokowi
  2. https://tekno.kompas.com/read/2023/05/09/14150007/lagi-tren-ai-voice-generator-buat-ganti-suara-penyanyi-ada-bahaya-di-baliknya?page=all
  3. https://www.digination.id/read/019056/7-rekomendasi-ai-voice-generator-terbaik-yang-wajib-kamu-coba