Jokowi ketemu Elon Musk, More Foreign Investments Coming?

Pada tanggal 15 Mei 2022 lalu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertemu dengan orang terkaya di dunia menurut Forbes yakni Elon Musk. Jokowi bertemu dengan Elon Musk di markas SpaceX yang berada di Gedung Stargate SpaceX, Boca Chica, Texas Selatan, Amerika Serikat. Pertemuan mereka berdua ini sebenarnya merupakan pertemuan lanjutan setelah pertemuan pertama. Sebelumnya, Elon Musk telah bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. 

Pertemuan kedua ini dikabarkan membahas tentang kelanjutan niat Elon Musk yang ingin melakukan investasi di Indonesia. Elon Musk mengatakan “Saya rasa Indonesia memiliki banyak potensi yang luar biasa. Saya rasa dengan Tesla dan SpaceX akan mencoba bekerja sama dengan Indonesia”. Elon juga mengatakan bahwa ia tertarik karena negara kita memiliki potensi di banyak bidang serta sumber daya manusia yang cukup banyak. Ia juga menilai bahwa negara Indonesia optimis dengan masa depan dan punya energi positif.

Pertemuan Jokowi dan Elon Musk di Amerika menuai perhatian media TheStreet. TheStreet membuat artikel analisa dari pertemuan kedua tokoh tersebut. Dalam artikelnya tertuang beberapa kemungkinan yang terjadi usai pertemuan tersebut. TheStreet mengatakan bahwa Tesla ada kebutuhan meningkatkan volume produksi jadi 20 juta unit per tahun dan mengamankan bahan mentah baterai listrik. Pabrik Tesla di Austin, Texas; Freemont, California; Berlin, Jerman; dan Shanghai, dan China dinilai belum cukup untuk memenuhi target produksi itu. Elon pun pada pada kuartal 1 2022 sudah mengatakan akan mengumumkan lokasi pabrik baru di akhir 2022. Lalu terjadilah pertemuan dengan Presiden Jokowi pada 14 Mei 2022 di Boca Chica, markas SpaceX. TheStreet mengatakan, dalam skenario terbaik, Indonesia bisa mendapatkan investasi tersebut. 

Setelah pertemuan tersebut, Jokowi turut mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia. “Saya pikir dia sangat tertarik untuk datang ke Indonesia segera, dan saya sudah mengatakan kepadanya untuk mengunjungi Indonesia”, ucap Jokowi. Dengan senang hati, Elon Musk menerima undangan tersebut dan berencana untuk mendatangi Indonesia pada bulan November 2022. Selain itu Delegasi Indonesia juga mengundang Elon Musk untuk bergabung ke International Advisory Caucus B20 dan hadir di acara B20 pada pertengahan november tersebut.

Kedatangan Elon Musk nantinya diharapkan dapat menemukan jalan tengah yang saat ini masih dicari demi kelancaran dalam kerja sama yang dilakukan antara Elon Musk dengan Indonesia. Pemerintah Indonesia berharap pada saat B20 dan G20 sudah ada kejelasan investasi yang ingin ditanamkan Elon Musk di Indonesia, sehingga nantinya akan ada win-win solution dalam kerja sama ini.

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis : Bryan Viriya Kurniawan, Devano Fernando Boes, dan Fadhil Rais Gunawan
  • Editor : Cecilia Valenda, Marcello Yoel Christianus