Metaverse di Indonesia

Belakangan ini dunia dihebohkan dengan berbagai teknologi. Salah satunya adalah metaverse, metaverse merupakan suatu dunia virtual yang menggunakan beberapa implementasi teknologi, seperti Artificial Intelligence (AI), Augmented Reality (AR), Virtual Reality (AR) dan Cryptocurrency. Disini, kita bisa berinteraksi dengan sesama pengguna di dalam dunia virtual contohnya pergi ke konser virtual membuat atau melihat karya seni, dll.

Metaverse indonesia diperkirakan akan hadir di Indonesia tahun ini. Pemerintah juga mengatakan bahwa Indonesia memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembangkan metaverse ini. Karena Indonesia memiliki banyak budaya budaya lokal yang dapat dikembangkan dan memperkenalkan ke luar negri. Dalam hal perkembangan metaverse, Indonesia akan membutuhkan banyak sumber Daya manusia yang mahir dalam bidang IT , konektivitas dll yang dapat mendukung metaversi di Indonesia. Pemerintah juga mendukung dan memberi sinyal positif kepada perkembangan teknologi ini dengan cara mulai menggunakan telekomunikasi 5G dan mulai mendigitalisasi industri keuangan di indonesia seperti mulai membangun bank digital.

Beberapa perusahaan yang bergerak dalam industri keuangan di indonesia mulai terjun ke dunia metaverse. Contohnya seperti PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Rencananya perusahaan ini akan mulai terjun ke dunia metaverse dalam akhir tahun ini dan akan dibantu oleh WIR Group.

WIR Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang AI dan berdiri dari tahun 2009. Pemerintah juga telah mengungumkan bahwa perusahaan ini akan terlibat dalam pengembangan metaverse di Indonesia untuk kedepannya. Selain itu, WIR group juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan Trisakti Multimedia School. Pihak WIR Group juga mengatakan sudah ada beberapa perusahaan swasta yang akan mulai memasuki dunia metaverse contohnya seperti Astra dan Bank Mandiri.

Dalam dunia metaverse Indonesia, dalam melakukan transaksi akan tetap menggunakan mata uang Indonesia yaitu rupiah. Selain itu, WIR group juga mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk membangun ekosistem dan ekosistem yang dibangun haruslah sempurna karena kunci dalam pembangunan metaverse adalah dalam ekosistem tersebut.

Daftar Pustaka


  • Penulis: Alviano Limanchya
  • Editor: Fisalma Maradita