Peran AI dalam Advertising

Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi kecerdasan buatan yang pernah mengalahkan pemain Go kelas dunia. Sekarang AI menjadi salah satu teknologi yang paling banyak digunakan. Sekitar 61% perusahaan di dunia sudah mengimplementasikan AI dalam bisnis mereka.

AI menjadi salah satu titik perubahan di bidang periklanan digital. Sudah banyak hasil riset yang menyatakan bahwa di masa depan, AI dapat menggantikan manusia dalam merancang strategi marketing. Selain itu, AI juga dapat digunakan untuk manajemen data, prediksi marketing dan meningkatkan customer experience. Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari menerapkan AI. AI dapat menganalisis jenis dan target marketing yang lebih strategis dan ini membuat promosi menjadi strategis dan tepat sasaran. AI juga dapat mencari pola pencarian user agar kita dapat lebih fokus kepada area promosi. Customer service juga dapat digantikan menjadi AI agar user dapat menanyakan segala informasi yang di butuh dan ini membuat lebih efisien. Selain dapat menganalisis jenis dan target marketing, Ai juga dapat menganalisi feedback dari konsumen yang tersebar dari berbagai platform.

Contoh penggunaan AI adalah seperti chatbot. Chatbot banyak kita temukan dalam platform sosial media atau platform chatting seperti LINE, telegram, dan Facebook messenger. Selain itu, amazon juga menggunakan AI untuk menganalisis dan memprediksi rekomendasi yang akan diberikan kepada konsumennya. Bukan hanya amazon yang menggunakan AI untuk menentukan rekomendasi ada banyak platform, seperti Netflix, YouTube, Shopee, dan Tokopedia.

Daftar Pustaka :

  • Penulis: Alviano Limanchya
  • Editor: Faiz Arya Rabbani, Nicholas Nathaniel