RET solusi efisien akan keamanan transaksi real estate

RET atau Realestate Ecosystem Token merupakan proyek blockchain yang dikembangkan di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, likuiditas dan  ekonomis pada transaksi real estate. Tim retail strategic ecosystem Token RET, Goan Damanik menyatakan bahwa sektor real estate adalah salah satu sektor primer di Indonesia dengan GDP hingga Rp468 triliun yang walaupun sempat terdampak pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir, tetapi  masih tetap bertumbuh sejak 2010.

Riset menyatakan bahwa 61% masyarakat di Indonesia, terutama pada rentang umur 25-35 tahun tidak memiliki tempat tinggal. Sangat sedikit masyarakat Indonesia yang dapat memiliki tempat tinggal tanpa pinjaman dari bank. 

Pada sektor lainnya, yaitu usaha FnB (Food and Beverage) dan industri hotel, berbagai proses penyewaan bahkan pemindahtanganan aset seperti toko, restoran, plaza, mall, hotel, dan aset lainnya sebagai salah satu hal yang menghambat proses bisnisnya. Banyaknya kendala pada hal kepemilikan aset rumah serta real estate lainnya ini menjadi landasan dikembangkannya proyek RET.

Menurut Goan, industri real estate Indonesia telah beroperasi menggunakan struktur yang relatif sama selama puluhan tahun dan memerlukan adanya efisiensi, terutama pada pengelolaan serta jual beli aset.

Sampai saat ini, proyek RET telah menerima banyak sekali dukungan dari berbagai perusahaan real estate terkemuka serta organisasi-organisasi berpengaruh pada sektor real estate. Pada sektor F&B serta hospitality, token RET dapat mengakomodasi pengimplementasian teknologi blockchain ke dalam ekosistem bisnis sebagai jaminan kepemilikan aset konkret yang terintegrasi dengan aset digital dalam hal jual-beli. Selain itu, Token RET menghasilkan bisnis yang lebih efisien dan  sistematis, serta memberikan banyak sekali keuntungan dan acara promosi lainnya dari proses implementasi RET.

Token RET akan menjadi token pertama asal Indonesia yang menghadirkan solusi modern transaksi real estate yang tak hanya hemat biaya, tetapi juga meningkatkan efisiensi, keamanan dan juga likuiditas.

DAFTAR PUSTAKA


  • Penulis : Bryan Josafat Ferdinand
  • Editor : Cecilia Valenda, Marcello Yoel Christianus