HIMTI Farewell 2023

Pada hari Sabtu, 1 April 2023, HIMTI Universitas Bina Nusantara mengadakan acara internal bernamakan HIMTI Farewell 2023 yang dilaksanakan secara onsite di Ruangan A0901 BINUS @Alam Sutera. HIMTI Farewell merupakan acara perpisahan yang selalu diadakan untuk para aktivis serta pengurus HIMTI Universitas Bina Nusantara yang akan segera meninggalkan jabatan mereka di HIMTI Universitas Bina Nusantara. Acara ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kami atas perjuangan dan kerja keras para pengurus dan aktivis HIMTI angkatan 2022 serta dedikasi mereka bagi kemajuan HIMTI Universitas Bina Nusantara.

HIMTI Farewell 2023 mengangkat konsep Prom Night bertemakan film Harry Potter, yang dimana nantinya peserta akan dibagi menjadi 4 house (Gryffindor, Slytherin, Hufflepuff, dan Ravenclaw). Nama untuk kegiatan ini adalah “HIMTI’s Last Spell: Expecto Patronum!”. “Expecto Patronum” merupakan sebuah mantra untuk melawan kesedihan maupun ketakutan ketika menghadapi ‘dementor’ dengan cara memikirkan hal menyenangkan atau momen bahagia. Dementor di sini dapat diartikan sebagai masalah-masalah yang akan datang seperti wawancara kerja, skripsi, magang, dan lain-lain. Acara ini tidak hanya mengundang aktivis dan pengurus HIMTI 2022 tetapi juga para aktivis dan pengurus HIMTI angkatan lain agar dapat mempererat hubungan kekeluargaan antara para pengurus dan aktivis HIMTI.

HIMTI’s Last Spell: Expecto Patronum! diawali dengan pembukaan yang dibawakan oleh  yaitu Benny Ebenezer dan Sarah Karissa sebagai Master of Ceremony (MC). Lalu dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan yang dibawakan oleh Lianca Valencia selaku Ketua Acara HIMTI Farewell 2023, Natalia Lairan selaku Chairman of HIMTI 2023, dan terakhir oleh Bapak Ir. Andry Chowanda, S.Kom., MM, Ph.D., MBCS, CCP, CME, IPM selaku Deputy Dean of Computer Science. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan sesi HIMTI’s Next Top Model yang diadakan khusus bagi perwakilan panitia serta peserta yang sudah mendaftar untuk melakukan fashion show. Pemenang nantinya akan ditentukan berdasarkan live vote terbanyak pada aplikasi Strawpoll yang akan ditutup sebelum sesi Awarding Ceremony. Setelah itu masuk ke sesi ice breaking yaitu Random Play Dance yang dimana ada 8 orang peserta yang maju ke panggung dan menari sesuai dengan arahan MC dengan lagu tiktok. Pemenang dari sesi ini juga ditentukan dengan live vote

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan makan malam. Setelah sesi makan malam selesai, acara dilanjutkan dengan sesi games yang dibagi menjadi 3 ronde. Dalam sesi ini, peserta akan dibagi menjadi empat kelompok besar berdasarkan 4 Houses of Hogwarts, yaitu Gryffindor, Ravenclaw, Hufflepuff, dan Slytherin. Keempat house tersebut akan terbagi lagi, sehingga satu house akan memiliki 2 kelompok kecil, dimana setiap kelompok kecil akan terdiri atas 8-9 orang. Lalu, panitia akan menyediakan tiga ronde dan di setiap ronde akan terdapat permainan yang berbeda. Setiap ronde akan diberlakukan sistem eliminasi, sehingga pada akhirnya akan tersisa 3 orang pemenang. Ronde yang pertama adalah “Uwu Games”. Pada ronde ini, Peserta harus menebak judul asli dari film/series yang huruf vokalnya di ubah menjadi “uwu” dengan cara mengangkat tangan dan menirukan suara “uwu” yang sudah dicontohkan. Kelompok yang sudah pernah menjawab soal dengan benar, tidak diperbolehkan untuk menjawab pertanyaan lagi. 3 kelompok yang menjawab pertanyaan dengan benar akan lanjut ke ronde selanjutnya. Ronde selanjutnya adalah “Focus on me : Guess what am I?”. Pada games ini, 3 kelompok dari pemenang sebelumnya akan bergiliran bermain. Setiap anggota akan bergiliran menjadi Guesser untuk menebak keyword dan anggota sisanya akan memperagakan keyword tersebut agar dapat ditebak oleh Guesser. 1 Kelompok dengan poin terbanyak akan lanjut ke permainan selanjutnya. Ronde yang terakhir adalah “Fast! Bring me the treasure!”. Pada games ini, grup pemenang dari games sebelumnya akan bermain untuk menentukan 3 orang pemenang. Peserta harus membawa barang sesuai dengan perintah MC dengan cepat di setiap rondenya. Jika kapasitas peserta sudah terpenuhi di setiap rondenya maka sisa peserta akan tereliminasi.

Acara HIMTI Farewell 2023 kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing yang dibawakan oleh 3 alumni HIMTI 2022 yang terpilih yaitu Audina Maharani, Ronaldus Priambudi Sebleku, dan Adriel Jonathan S. Pada sesi ini, para alumni menceritakan pengalaman mereka selama berorganisasi di HIMTI. Video kompilasi kenangan kemudian ditayangkan sebagai bentuk persembahan kepada aktivis maupun pengurus HIMTI 2022/2023 yang telah berjuang dan berdedikasi untuk kemajuan HIMTI selama masa jabatan mereka. Setelah video kompilasi selesai ditayangkan, acara dilanjutkan dengan Awarding Ceremony yang dimana pada sesi ini terdapat beberapa kategori yang dimenangkan oleh kandidat tertentu berdasarkan vote yang dilakukan oleh para peserta. Pada sesi ini, terdapat juga award untuk Prom King, Prom Queen, dan HIMTI’s Next Top Model yang pemenangnya ditentukan berdasarkan banyak live vote dari para peserta selama acara farewell berlangsung. Kemudian dilanjutkan dengan sesi Doorprize yang dimenangkan oleh 3 peserta yang terpilih berdasarkan Picker Wheel. Acara ini ditutup dengan sesi dokumentasi serta penutupan yang dipimpin oleh Benny Ebenezer dan Sarah Karissa.

 

 

Acara HIMTI Farewell 2023 “HIMTI’s Last Spell: Expecto Patronum!” berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat menjadi acara yang berkesan dan berkenang bagi para aktivis dan pengurus HIMTI angkatan 2022/2023 agar mereka dapat melawan kesedihan maupun ketakutan ketika menghadapi ‘dementor’ dengan cara mengenang momen-momen bahagia dari acara ini.