Tlusure, Aplikasi Bantu Cari Tempat Wisata dengan Prokes

Tlusure merupakan aplikasi karya anak bangsa yang berguna untuk para pengguna mendapatkan rekomendasi tempat wisata yang menerapkan protokol Kesehatan. Di masa pandemi covid-19 seperti ini tentu kita harus tetap menjalankan prokes dimanapun kita berada, terutama di tempat wisata yang mana pasti banyak wisatawan yang berkunjung. Aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang aplikasi lokal, Fantastis Anak Bangsa (FAB) ini akan memunculkan rekomendasi tempat-tempat wisata yang menerapkan prokes sehingga wisatawan akan lebih mudah mencari tempat wisata yang aman dan nyaman di masa pandemi ini. 

Tlusure sendiri menerapkan fitur live update terkait informasi tingkat keramaian dan juga review penerapan prokes di tempat wisata yang ingin dituju. Para pemilik wisata ataupun pebisnis dapat berpartisipasi dengan mendaftarkan tempat wisata miliknya serta memberikan informasi tentang penerapan prokes yang ada. 

Masyarakat berusaha beradaptasi ke new normal, namun mereka kesulitan dalam mencari sumber informasi yang dapat diandalkan di tengah informasi yang tidak terstruktur,” kata CEO FAB Indonesia, Fritz B. Tobing dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (8/4/2022).

Cara kerja dari aplikasi Tlusure ini sendiri cukup unik, dimana pengguna akan diberikan pilihan sesuai dengan mood pengguna, seperti happy, sad, stress,  relaxed, dll. Setelah memilih sesuai mood, aplikasi akan memberikan rekomendasi tempat wisata yang sesuai dengan mood pengguna tersebut. Tlusure juga akan memberikan informasi terkait kegiatan yang bisa dilakukan dan juga tingkat keramaian, jika tingkat keramaian nya cukup ringgi maka aplikasi akan memberikan rekomendasi baru disekitar tempat tersebut.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur unggulan, seperti filter pencarian (Ramai, Lengang, Tersertifikasi CHSE), rekomendasi sesuai mood, serta fitur review dan live update terkait kondisi di tempat wisata. Fitur-fitur ini tentu sangat berguna bagi para wisatawan terutama wisatawan dalam negeri yang ingin liburan namun tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Aplikasi Tlusure ini juga diharapkan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata di Indonesia yang terdampak oleh pandemic 2 tahun belakangan. Oleh karena itu, Tlusure mendapat dukungan penuh dan Kementerian Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif. 

“Selain fokus pada vaksinasi, Kementerian Parekraf juga merancang agar wisatawan domestik dan mancanegara bisa kembali bepergian,” kata Menparekraf Sandiaga Uno di acara peluncuran TLUSURE, Januari 2022 lalu.

“Salah satunya dengan penyediaan aplikasi digital untuk mendukung beraktifitas di era new normal,” lanjut Sandi.

Daftar Pustaka


  • Penulis : Rafi Maulana Khairullah
  • Editor: Fisalma Maradita