Tiga Bahasa Pemrograman Yang Asli Buatan Anak Bangsa

Modernisasi membuat manusia hidup berdampingan dengan teknologi. Bisa dikatakan, hampir semua orang memiliki setidaknya satu ponsel pintar dalam genggamannya. Dalam ponsel pintar berisi banyak aplikasi yang juga memiliki fungsinya masing-masing. Mulaii dari bekerja, bermain, hingga belanja. Aplikasi-aplikasi tersebut dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Ngomongin bahasa pemrograman, kira-kira ada gak ya bahasa pemrograman yang asli buatan anak bangsa?

Hmm… Menarik untuk dibahas!

Tapi sebelum itu, kita kenalan dulu yuk, apa sih bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman adalah alat yang digunakan untuk memberi perintah pada komputer agar berjalan seperti yang kita inginkan.

Bahasa pemrograman juga memiliki beberapa tingkatan-tingkatan yang menentukan seberapa mudah manusia untuk membaca. Berikut merupakan tingkatan kesulitan pada bahasa pemrograman:

  • Bahasa mesin (machine language), yaitu bahasa yang menggunakan bilangan biner dalam memberikan perintah kepada komputer. Contoh 011001011100110
  • Bahasa tingkat rendah (low level language),sering dikenal sebagai bahasa rakitan (assembly), yang dapat mengatur komputer dengan menggunakan kode-kode pendek. Misalnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dll.
  • Bahasa tingkat menengah (Intermediate Language), yaitu campuran instruksi dalam bahasa manusia dengan simbolik. Misalnya: bahasa manusia (mulai, akhir, jika, untuk), simbolik ({, }, ?, <<, >>, &&, ||).
  • Bahasa tingkat Tinggi (High level language), yaitu bahasa komputer yang menggunakan bahasa manusia. Misalnya begin, end, if, for, while, dan, or, dll. Agar komputer dapat memahami bahasa level ini, dibutuhkan sebuah alat yang namanya compiler atau interpreter.

Dinilai dari tingkat kesulitannya, sebagian besar bahasa pemrograman yang ada saat ini adalah bahasa level tinggi, misalnya python, java, php, javascript, swift, ruby, go, kotlin dll. Hanya bahasa C yang menempati tingkat bahasa menengah, karena dalam bahasa C terdapat banyak simbol yang digunakan dalam penulisan sintaksnya.

Sekarang mari kita kembali ke pertanyaan, “Adakah bahasa pemrograman buatan Indonesia (anak bangsa)?”

Jawabannya ada!

Selama ini yang diakui adalah tiga bahasa pemrograman buatan anak bangsa. Di bawah ini adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh anak bangsa.

  1. BAIK

Bahasa BAIK yang merupakan singkatan dari “Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer”. Bahasa pemrograman BAIK merupakan mahakarya dari seorang asli Indonesia bernama Haris Hasanudin. Bahasa pemrograman ini dibuat pada tahun 2008 dan berjalan pada sistem operasi Windows dan Linux dan bahasa ini bersifat open source, sehingga siapa pun dapat menggunakannya untuk apa saja. Beberapa fitur bahasa pemrograman BAIK adalah:

  • Kode ditulis dalam bahasa Indonesia.
  • Dapat membuat file gambar
  • Tidak memerlukan kompilasi.
  • Tidak perlu mendeklarasikan variabel, seperti python.
  • Array hanya ada dalam satu dimensi.
  • Fungsi/Sub Prosedur dapat didefinisikan sebelum atau sebelum kode utama.
  • Dapat Mengakses database MySql.
  • Keduanya dapat digunakan pada Sistem Web melalui CGI.
  • Dapat digunakan untuk membuat program jaringan dengan TCP/IP
  1. AYU

Yang kedua adalah bahasa pemrograman AYU yang dibuat oleh Zeddy Iskandar. AYU murni hasil karya Zeddy, namun bahasa AYU mengadopsi bahasa C# yang sintaksnya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Contoh sintaks bahasa AYU

Bandingkan dengan C#

Bahasa pemrograman AYU berfungsi sebagai penghubung dengan bahasa pemrograman lain yang sifatnya lebih kompleks. Bahasa pemrograman AYU dapat diimplementasikan dalam beberapa contoh program sederhana, seperti program faktorial dan program kalkulator dengan menggunakan bahasa AYU dan bahasa C.

Sekarang ada versi baru dari bahasa pemrograman AYU yang disebut IDA dan UNYIL.NET.

  1. NUSA

Nusa adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Bernaridho Hutabarat dan pencetus teori pemrograman bernama VopTOq. Nusa pertama kali dirilis versi pertamanya pada tanggal 16 Agustus 2008. Saat ini, NUSA sudah memiliki versi lanjutan dari pendahulunya, yaitu versi 2.0. Namun saat ini Nusa masih dalam pengembangan. Oleh karena itu, Bahasa pemrograman NUSA masih belum tersosialisasikan.

Ini adalah contoh sintaks dari bahasa NUSA.

DAFTAR PUSTAKA 

  • https://www.kalilapan.com/2020/08/bahasa-pemrograman-buatan-indonesia.html?m=1

  • Penulis: Arya Putra Kartiwa, Akbar Satria Luhur Anggara
  • Editor: Axcel Deon Davelin Syahputra