Yuk Ketahui Jenis-Jenis Keyboard Sesuai dengan Kebutuhan Kamu!

Keyboard merupakan salah satu pelengkap PC maupun laptop yang sudah lazim digunakan. Keyboard yang umumnya digunakan adalah keyboard bejernis QWERTY . Keyboard  jenis QWERTY merupakan keyboard yang memiliki susunan  “Q”, “W”, “E”, “R”, “T”, dan “Y” pada huruf pertama dari susunan keyboard paling kiri atas. Namun, tahukah kalian bahwa jenis keyboard bukan hanya bertipe “QWERTY” saja? Banyak jenis-jenis keyboard berdasarkan bentuk, kegunaan, peletakan, maupun komponen yang ada didalamnya.

Yuk.. sama-sama ketahui jenis-jenis keyboard yang bisa memenuhi kebutuhan kamu !

      1. Keyboard QWERTY


Jenis keyboard QWERTY yang sudah disinggung di awal merupakan keyboard yang lazim digunakan. Keyboard QWERTY sendiri awal dibentuk pada tahun 1878 oleh Scholes, Glidden dan Soule. Mereka memperkenalkan susunan keyboard QWERTY pertama kali pada mesin TIK manual yang dipakai untuk publikasi di surat kabar kota Kenosha, Wisconsin, Amerika Serika . Keyboard jenis QWERTY  masih terkenal hingga saat ini dan banyak pengguna yang sudah terbiasa dengan keyboard jenis QWERTY. Selain itu, susunan keyboard QWERTY yang tidak sesuai dengan alfabet menjadi ciri khas tersendiri dari keyboard jenis ini.

      2. Keyboard DVORAK

source : https://www.ubuy.co.id/en/product/166CHX1AW-matias-dvorak-keyboard

Keyboard DVORAK merupakan keyboard yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1936. Nama DVORAK sendiri diambil dari nama penemunya yaitu Dr. August yang dibantu oleh adik iparnya yang bernama Dr. William Dealey. Jenis Keyboard DVORAK menjadi beda dengan jenis keyboard “QWERTY” karena pada keyboard jenis ini lebih memberikan beban kepada tangan kiri, sehingga mengurangi kelelahan pada tangan kanan. Keyboard DVORAK sendiri terbukti memiliki efektivitas lebih tinggi dibandingkan keyboard QWERTY.

       3. Keyboard KLOCKENBERG

Source : https://www.nesabamedia.com/apa-itu-keyboard-klockenberg/

Keyboard KLOCKENBERG merupakan modifikasi keyboard-keyboard yang sudah ada yang merupakan penyempurnaan dari keyboard QWERTY, dengan memisahkan kedua bagian kanan dan kiri. Keyboard jenis ini memiliki fungsi untuk meringankan beban otot saat mengetik, hal itu dikarenakan pada bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan mengarah miring ke bawah. Selain itu,  Tombol KLOCKENBERG juga dibuat lebih tipis sehingga beban kerja otot tangan menjadi lebih ringan.

      4. Keyboard Maltron

Source : https://yosanthetrouble.wordpress.com/tag/keyboard-maltron/

Keyboard Maltron merupakan keyboard yang memiliki tampilan unik, karena pada beberapa bagian keyboard menjorok ke dalam. Tujuan dari bentuk keyboard maltron agar memudahkan jari-jari saat akan diposisikan untuk mengetik. Selain itu, jari-jari tidak akan berada pada permukaan yang datar sehingga tidak menyebabkan nyeri pada tangan saat mengetik terus menerus pada permukaan yang datar. Perbedaan lainnya, ketika mengetik pada keyboard maltron, maka jari tangan akan secara alami beradaptasi dengan bentuk keyboard, sehingga pengguna akan merasa nyaman.

      5. Keyboard Numeric

Source : https://shopee.co.id/Keyboard-numeric-numpad-Angka-Keypad-Numeric-Keyboard-Wireless-2.4GHz-10-Meter-i.4695989.136207715

Keyborad Numerical sesuai namanya numerik, yang berarti keyboard ini hanya memiliki tombol numerik atau angka. Keyboard numerik cocok untuk pengguna yang sehari-harinya berhubungan dengan data angka yang besar. Biasanya keyboard jenis ini sering dijumpai pada marketplace maupun bank-bank.

      6. Keyboard Mekanikal

Source : https://ruanglaptop.com/keyboard-mekanikal-murah/

Keyboard mekanikal merupakan salah satu keyboard yang tidak asing untuk  para pengguna PC, terutama bagi para gamers. Pasalnya, keyboard jenis ini mempu meningkatkan kecepatan mengetik, sehingga banyak digunakan untuk bermain game. Selain itu, beberapa jenis keyboard mekanikal bisa di-customize sesuai dengan keinginan, sehingga dari segi tampilan bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

Dari segi tampilan keyboard mekanikal memiliki susunan dan bentuk yang sama dengan keyboard “QWERTY”. Namun, jika dilihat dari segi komponen, keyboard mekanika menggunakan komponen yang berbeda. Jika pada keyboard biasa menggunakan komponen tombol membran, pada keyboard mekanikal memiliki komponen tombol berupa Switch .Hal tersebut membuat keyboard mekanikal dapat mengetik lebih cepat dibandingkan dengan keyboard QWERTY.

      7. Keyboard One-Handed

Source : https://www.tokopedia.com/kumalasho-1/i-small-keyboard-one-handed-game-mechanical-keyboard-left-hand

Keyboard One-Handed seperti namanya, jenis keyboard ini bisa digunakan hanya dengan satu tangan saja. Keyboard jenis ini memiliki tampilan yang mungil, sehingga ramah bagi tangan pengguna. Keuntungan menggunakan keyboard jenis ini adalah bisa menghemat tempat jika pengguna memiliki tempat yang sempit.

Nah.. itu tadi beberapa jenis keyboard yang bisa kalian pakai sesuai kebutuhan. Kalian lebih suka pake keyboard jenis yang mana nih?

 

Daftar Pustaka


  • Penulis : Ahmad Mudhiya Ananta Rahman, Cheryl Almeira
  • Editor : Marcello Yoel