Perkembangan IoT di Indonesia

Source: http://www.iritech.com/blog/wp-content/uploads/2016/10/IoT.jpg

Apa sih IoT itu?

Internet of Thing adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

 

“A Things” di Internet of Things dapat didefinisikan sebagai suatu subjek ‘orang’ dengan monitor implant jantung. Hewan dengan transponder biochip. Sebuah mobil yang telah dilengkapi built-in sensor untuk memperingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah sejauh ini. IoT sendiri bisa didefinisikan juga suatu hubungan antara mesin (Machine to Machine) seperti yang teraplikasian di bidang infrastruktur atau pabrik yang telah banyak diterapkan sekarang ini.

 

Perkembangan dan penerapan IoT di Indonesia

Perkembangan di IoT sendiri di indonesia telah pesat beberapa tahun terakhir ini, terbukti dari mulainya beberapa start up yang membuka produk atau jasa di bidang smart home maupun beberapa yang lainya seperti pemberian makan ikan otomatis serta pengukuran rasa lapar ikan dan suhu air, serta ada penyedia konsultasi dan pemasangan smart home, dam ada pula penyedia jasa membuat sekolah dengan berbasis IoT dan masih banyak lagi.

Penerapan juga tidak hanya dilakukan para pengusaha muda ataupun startup, tapi IoT juga sudah diterapkan di beberapa pemerintahan daerah seperti jakarta dan bandung sendiri, apa saja yang dapat dilakukan smart city ini? Yang dapat dilakukan adalah seperti pengaduan untuk beberapa daerah seperti kebanjiran, sampah yang tak kunjung diangkut, adanya masalah tiang listri atau sebagainya, ada juga di bidang pariwisata seperrti pengenalan beberapa tempat wisata yang ada di derah tersebut kalau untuk di bandung sendiri memiliki ‘panic button’ yang dapat menjadi pengaduan darurat jika ada terjadi hal yang tak di inginkan.

 

Source
https://idcloudhost.com/mari-mengenal-apa-itu-internet-thing-iot/

Dhira Wigata