Privasi Dalam Sosial Media

Sumber Gambar : https://www.entrepreneur.com/article/300813

Sosial media sudah menjadi tatapan sehari-hari zaman ini, sebagian orang percaya dengan sosial media, kemampuan untuk terhubung dengan semua orang di dunia, komunikasi, semuanya menjadi mudah, tidak hanya itu, kesenangan tersendiri saat melihat konten lucu menjadi alasan serta informasi-informasi baru juga tersedia di dalam sosial media, sehingga hanya perlu membuka sosial media saja, orang dapat mengetahui sedang apa atau apa yang baru didunia.

Sisi dibalik semua keuntungan adanya sosial media yang sangat bermanfaat bagi orang-orang, cyber bullying, konten yang acak, konten yang tidak cocok bagi masyarakat, perubahan interaksi masyarakat dari fisik menjadi maya, godaan dan penundaan, perubahan gaya hidup dan gangguan tidur, serta masalah keamanan pribadi atau privacy issues.

Masalah privasi atau privacy dalam Bahasa Inggris berarti kebebasan, keleluasaan pribadi. Sosial media menggunakan akun untuk bisa diakses, penyedia jasa sosial media menyimpan apapun data yang disimpan didalam akun tersebut, menyimpan riwayat yang dilakukan, menyimpan jejak, mengetahui semua apa yang dilakukan dalam akun tersebut dan itu adalah privasi. Namun bagaimana bila data privasi yang tersimpan bocor ke orang lain diluar penyedia jasa sosial media? Tentunya hal ini menjadi hal yang tidak baik bagi pengguna.

Berita yang mengejutkan adalah dimana salah satu penyedia jasa sosial media mengatakan data pengguna bocor hingga 87 juta pengguna. Berita ini sangatlah krusial, hal yang pengguna sosial simpan dapat diketahui orang lain. Hal-hal buruk dapat terjadi secepat mungkin, tanpa terduga, dimana saja.

Sebagai pengguna sosial media haruslah benar hati-hati dalam memasukkan data-data privasi, privasi merupakan milik sendiri, bukan milik orang lain. Hal buruk memang dapat terjadi namun bila dapat meminimalisirnya, itu sudah menjadi sebuah keharusan.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.huffingtonpost.in/2018/04/05/data-leak-has-hit-up-to-87-million-users-says-_a_23403393/

Stevhen