Robot Yang Menyerupai Manusia Mengusik Kenyamanan Manusia

Sumber Gambar : http://jogja.tribunnews.com/2018/09/20/robot-cantik-ternyata-kehadirannya-mengusik-rasa-nyaman-manusia

Perkembangan teknologi saat ini melahirkan berbagai robot dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. Robot bentuk mesin, hingga robot yang dibuat menyerupai manusia. Sejumlah ilmuan terus berusasha membuat robot yang melakukan semua jenis pekerjaan. Bahkan, tidak jarang robot yang terbentuk sekarang sudah mirip manusia.

Dan prediksi ilmuwan soal kejadian 2045 yang akan datang membuat kita kehabisan akal. Bagaimana tidak, pada 2045 nanti, robot yang menyerupai manusia akan memiliki hak setara dengan manusia, bahwa robot masa depan akan memiliki hak sipil yang setara dengan manusia. Bahkan di antara hak-hak tersebut termasuk urusan pernikahan, memilih pemimpin atau pemilu, memiliki tempat tinggal, hak hidup layak, dan kebutuhan robotik lainnya yang sesuai dengan haknya seperti layanan kesehatan, hingga memiliki barang pribadi yang mereka sukai.

Periset sedang berusaha membuat robot yang bisa melakukan semua jenis pekerjaan dan kini sebagian ilmuwan berusaha membuat android atau robot yang tampak seperti manusia. Tetapi “Android” bisa membuat sebagian orang merasa tidak nyaman.

Robot bermacam-macam bentuk dan ukurannya. Ada yang lucu dan membuat orang senang dengan bentuknya, ada juga yang lainnya menyerupai manusia dan membuat orang tidak nyaman dan takut untuk melihatnya. Bahkan para peneliti pun tak nyaman.

 “Saya tahu cara kerjanya. Saya tahu robot-robot itu cuma mesin, tapi sesuatu yang tampak seperti manusia namun tidak bergerak seperti manusia, itu membuat tidak nyaman,” kata seorang Profesor Ilmu komputer dan psikologi Jonathan Gratch seperti yang dilansir VoA. Perasaan tidak nyaman itu meningkat ketika ada robot yang sangat mirip manusia disebut “uncanny valley”.

Profesor Ilmu komputer dan psikologi Jonathan Gratch mengatakan bahwa fenomena “uncanny valley” itu ada pada aspek biologisnya, orang-orang langsung mengetahui ketika ada yang aneh pada robot tersebut. Namun pada penjelasan lainnya, robot yang terlampau mirip manusia mengancam kemanusiaan itu sendiri. Seperti John Rebula yang  membuat robot humanoid Hermes, berjalan seperti manusia dengan lebih terkoordinasi dan lebih seimbang.

Para peneliti yang merancang mesin untuk bekerja dengan manusia mempertimbangkan “uncanny valley” ketika menciptakan tampilan robot.

Pengaruh robot terhadap gaya hidup manusia ini membuat krisis teknologi, berbagai krisis yang melanda dunia abad ini terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi yang terlalu cepat, sehingga proses adaptasi dan integrasi tidak sempat dilakukan. Akibatnya terhadap individu ialah technostress, penyakit urban, penyakit peradaban.

Pemanfaatan teknologi robot mampunyai sisi lain yang merupakan ancaman bagi sebagian orang, karena menghilangkan kesempatan tenaga kerja. Dampak positif yang terjadi jika robot ada adalah membantu kinerja manusia dalam melakukan pekerjaanya. Di zaman yang serba canggih ini dan dengan kecanggihan teknologi, manusia menciptakan robot untuk memudahkan kerja manusia.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

  • https://www.voaindonesia.com/a/robot-yang-menyerupai-manusia-bisa-membuat-orang-tidak-nyaman/4576092.html
  • http://jogja.tribunnews.com/2018/09/20/robot-cantik-ternyata-kehadirannya-mengusik-rasa-nyaman-manusia

 

Elizabeth