Modem

Sumber Gambar: https://alalaz.wordpress.com/internet-2/perangkat-untuk-akses-internet/

Apa itu modem? Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem dapat digunakan dengan berbagai macam cara untuk mengirimkan sinyal analog, dari pemancar cahaya hingga radio.

Secara fisik, modem bisa dibagi menjadi 2 jenis, yaitu modem internal dan modem external

  1. Modem internal

modem internal merupakan jenis modem yang sudah terpasang langsung dalam CPU sebuah computer. Secara fisik modem internal serupa dengan sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI.

  1. Modem external

Modem external merupakan jenis modem yang letak pemasangannya di luar CPU. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau juga USB. Umumnya, Modem ini menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor.

Secara fungsi, modem bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Modem Dial-Up

untuk menghubungkan komputer dan jaringan internet melalui kabel telepon. Bersifat internal dan dipasang langsung pada motherboard. Ketika digunakan, maka pengguna tidak bisa menggunakan telepon untuk sementara.

  1. Modem kabel

perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial-up

  1. Modem DSL

DSL singkatan dari Digital Subscriber Line. DSL merupakan modem yang biasa di pakai untuk menghubungkan komputer ke internet. Modem ini dibuat untuk mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu modem ini di yakini mempunyai kecepatan lebih cepat bilang dibanding dengan koneksi dial up internet.

  1. Modem CDMA

Modem wireless yang bekerja pada jaringan CDMA, yang memungkinkan lebih dari satu sinyal menempati saluran transmisi tunggal, sehingga mengoptimalkan bandwith yang ada.

  1. Modem GSM

modem yang memerlukan kartu Simcard GSM untuk dapat bekerja. Modem yang mengirimkan data dengan menggunakan ponsel seluler. Koneksi modem GSM umumnya bisa digunakan dengan provider apapun selama provider tersebut berjenis GSM.

Sumber Penulisan / Daftar Pustaka :

Syarifa Anatia