STLN HISHOT 2023: Menimba Ilmu di Negeri Singa

Akhir tahun 2023 menjadi waktu di mana Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) BINUS University mencetak sejarah baru di ruang lingkup internasional. Setelah 4 tahun vakum melakukan perjalanan ke luar negeri, pada bulan Desember silam HIMTI kembali mengajak 30 mahasiswa-mahasiswi BINUS University untuk bersama-sama melakukan eksplorasi dunia Artificial Intelligence (AI) dan Data Science di Singapura—negara berteknologi tercanggih di kawasan Asia Tenggara—melalui kegiatan Study Tour Luar Negeri (STLN) HISHOT 2023.

Kegiatan STLN HISHOT 2023 diselenggarakan pada tanggal 7 Desember 2023–10 Desember 2023 dengan durasi selama 4 hari dan 3 malam. Sesuai dengan tema HISHOT 2023 yakni “Aiming to Advance the World with AI”, agenda terakhir sekaligus puncak rangkaian acara HISHOT 2023 ini bertujuan memperluas wawasan para pesertanya—yang terdiri dari 30 mahasiswa-mahasiswi BINUS University dengan latar belakang jurusan yang beragam—dalam bidang AI dan Data Science melalui kunjungan-kunjungan edukatif ke berbagai lembaga teknologi dan pendidikan di Singapura. 

Kunjungan pertama rombongan STLN HISHOT 2023 ke iZeno Singapore di Bradell Road disambut hangat oleh Sabrina Ee selaku HRD iZeno Singapore. Rombongan disambut dengan penyajian berbagai kudapan sebelum acara dimulai. Kemudian, sesi seminar dimulai dengan pemaparan materi dari dua orang Analytics Consultant iZeno Singapore.

Low Yun, yang merupakan lulusan Universiti Teknologi Malaysia, memperkenalkan berbagai konsep teknologi yang sekarang ini ramai dibicarakan, seperti Big Data dan Artificial Intelligence/Machine Learning (khususnya Generative AI). Sementara itu, Jovinka Hartanto yang merupakan lulusan Nanyang Technological University (NTU) membahas mengenai prospek karir dalam bidang AI dan Data Science. Terakhir, kunjungan ditutup oleh kata penutup dari Deddy Johari, Direktur Teknologi iZeno Singapore yang juga merupakan alumni BINUS University.

Rombongan STLN HISHOT 2023 kemudian melanjutkan kunjungan ke Salesforce Singapore di Suntec Tower 5. Peserta kembali disambut dengan berbagai kudapan yang dihidangkan oleh Henry Tanaka, Business Development Manager Salesforce untuk region Indonesia, Filipina, dan Taiwan. 

Di headquarters Salesforce Inc., tiga orang pembicara—Shafida Begum selaku Senior Director, Shaun Lin selaku Senior Account Solution Engineering, dan Djulian Badua Naval selaku Associate Program manager—menjelaskan mengenai profil singkat Salesforce Inc. sebagai platform customer relationship management (CRM) berbasis teknologi, potensi gelombang-gelombang pengembangan teknologi AI, implikasi etis pemanfaatan AI, serta contoh produk layanan berbasis AI yang disediakan Salesforce, yakni Einstein AI. Peserta juga diajak untuk mengikuti office tour workspace Salesforce.

Institusi terakhir yang dikunjungi rombongan STLN HISHOT 2023 ialah National University Singapore (NUS). Sesaat setelah turun dari MRT, rombongan disambut dan diantar ke area kampus NUS oleh Narita Chrysant Lautama, pengurus organisasi Perhimpunan Indonesia NUS (PINUS). Saat sampai di area kampus, rombongan berkumpul dengan anggota-anggota PINUS lainnya—Isabella Nadia Chan, Ridwan Prawira Zaen, Nicholas Jimmy Alden, dan Aloysius Marcello Widagdo—yang membawakan sesi seminar sekaligus sesi campus tour di area kampus NUS.


Materi yang dibawakan saat sesi seminar mencakup lika-liku kehidupan sebagai mahasiswa/i National University Singapore (NUS), khususnya sebagai mahasiswa fakultas School of Computing. PINUS juga memfasilitasi sesi sharing di akhir seminar sebagai wadah pertukaran pengetahuan antara sesama mahasiswa-mahasiswi asal Indonesia. Tak lupa juga peserta STLN HISHOT 2023 diajak untuk mengikuti campus tour di sekitaran area Utown NUS dengan mengunjungi berbagai landmark, seperti Frontier, Town Plaza, dan Stephen Riady Center. 

Selain dari lembaga-lembaga pendidikan tersebut, selama durasi STLN HISHOT 2023 berlangsung peserta juga diajak untuk berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Singapura. Peserta berkuliner di Bugis Junction dan Little India, berbelanja oleh-oleh di Chinatown dan Orchard Road, serta berswafoto di National Gallery Singapore serta Gardens by the Bay. Dengan demikian, diharapkan bahwa perjalanan peserta menjelajahi negeri Singa dengan STLN HISHOT 2023 tidak serta-merta bersifat edukatif saja, tetapi juga menghasilkan pengalaman tak terlupakan bersama dengan HIMTI BINUS University.