Mengenal Lebih Dalam Teknologi Blockchain Sebagai Solusi Masa Depan

Sumber Gambar : https://www.mhlnews.com/technology-automation/blockchain-single-immutable-serialized-source-truth

Blockchain adalah system pencatatan atau database yang tersebar luas di jaringan, atau disebut juga dengan istilah distributed ledger. Teknologi ini sudah dipakai untuk mencatat data keuangan secara digital dan banyak digunakan dalam sector perbankan, tetapi tidak seharusnya demikian.

Semua industri baik finansial maupun non finansial bisa menggunakan  dan mengaplikasikan teknologi ini untuk merekam semua data perusahaan mereka dalam system yang aman tanpa membutuhkan server terpusat.

Blockchain pun dibagi jadi 3 tipe yaitu; Public Blockchains yang tidak mempunyai batasan akses dan bisa digunakan oleh siapapun dan kapanpun selama ada internet. Private Blockchains, Blockchain yang hanya orang-orang yang diberi ijin oleh administrasi dari network tersebut, biasanya digunakan oleh perusahaan agar data perusahaan mereka tidak mempunyai risiko untuk tersebar luas di internet. Dan yang terakhir yaitu, Consortium Blockchains yaitu Blockchain yang bekerja secara semi-desentralisasi, memerlukan ijin akses dari network tetapi bukan satu perusahaan yang bisa mengakses melainkan satu organsisasi, banyak perusahaan mungkin mengoperasikan salah satu node dari network Blockchain ini.

Menurut Pandu Sastrowardoyo, CEO Blockchain Zoo menerangkan teknologi blockchain adalah solusi  masa depan karena teknologi tersebut dapat digunakan untuk berbagai industri di bermacam bidang dan sangat bermanfaat.

Aplikasi Blockchain di masa depan akan berada dimana-mana, mulai dari banking, menaikan transparansi finansial di dalam organisasi dan cyber security hingga melacak bagaimana memberi seorang control lebih untuk identitas digitalnya. Tidak lama lagi, di masa depan teknologi Blockchain akan berada dimana-mana, maka dari itu kita memerlukan infrastruktur yang baik untuk membantu perkembangan ini.

Hal tersebut di atas adalah hanya sebagian kecil contoh mengenai apa yang bisa dilakukan oleh blockchain, dan masih banyak hal yang dapat dilakukan.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

  • http://www.tribunnews.com/techno/2018/02/25/mengenal-lebih-dalam-teknologi-blockchain-sebagai-solusi-masa-depan
Kevin Christian