APAKAH KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence) DAPAT MENGGANTIKAN MANUSIA (?)

Aji Haryo Poespo
2001562514


Sumber : http://www.gxdmtl.com/224645-artificial-intelligence.html

Saat ini perkembangan di bidang teknologi sangatlah berkembang pesat, dalam kehidupan kita sehari hari teknologi hampir tak pernah lepas dari keseharian kita. Contohnya seperti handphone, hampir semua handphone yg dimiliki orang pada umumnya adalah smartphone yang berbasis operating system (OS) android, ios, maupun windows. Hal itu menjadi salah satu inovasi yg tidak terbayangkan mungkin pada 20 atau bahkan 10 tahun yang lalu. Bayangkan saja, saat ini untuk mendapatkan berbagai informasi yang ada di seluruh dunia, bisa kita dapatkan melalui smartphone kita dengan menggunakan akses internet. Saat ini akses internet sudah mudah didapatkan di seluruh dunia.

Setelah membahas sedikit tentang perkembangan teknologi pada saat ini, artikel ini akan menjelaskan tentang kecerdasan buatan atau bisa juga disebut dengan Artificial Intellegence (AI). Sebelum memulainya ,sebenarnya apa sih yang disebut dengan kecerdasan buatan (AI)?

Menurut Wikipedia, Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Mungkin penjelasan tersebut terlalu rumit untuk dimengerti begitu saja, oleh karena itu dijelaskan melalui contoh yang dapat mewakili definisi tersebut. Kalian pasti pernah mengetahui yang namanya robot, robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan).

Kalau dipikirkan secara baik baik, gimana sih caranya sebuah robot dapat bergerak dan melakukan segala fungsi yang diperintahkan manusia, bahkan tanpa dikontrol oleh manusia. Robot robot tersebut telah diberikan kecerdasan buatan oleh pembuatnya, agar robot tersebut dapat bergerak sesuai yang mereka inginkan layaknya seperti manusia pada umumnya. Bahkan sampai saat ini para pembuat robot masih terus mengembangkan robot yang menyerupai bentuk manusia secara fisik, dan juga dapat memiliki emosi. Lalu muncullah sebuah pertanyaan, apakah kecerdasan buatan dapat menggantikan manusia(?)

Jawabannya menurut pendapat saya adalah tidak, untuk saat ini.

Sebenarnya kecerdasan buatan tidaklah sebatas penerapannya untuk bidang robotika, kecerdasan buatan dapat diterapkan di segala alat elektronik. Misalnya sebuah pendingin ruangan (AC) dapat menyesuaikan suhu dengan penggunanya tanpa perlu dioperasikan. Kecerdasan buatan dapat mempermudah segala pekerjaan manusia, yang memerlukan pengoperasian pada umumnya.

Walaupun begitu kecerdasan buatan yang ada saat ini belum benar benar bisa menggantikan keberadaan manusia, karena masih perlu pengawasan manual oleh manusia agar tidak terjadi kesalahan yang fatal sangat mengoperasikan sesuatu. Walaupun seandainya AI dapat bekerja layaknya manusia pada umumnya, pastinya seorang manusia tidak akan mau digantikan perannya begitu saja. Karena pada dasarnya AI bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia, bukan menggantikan peran manusia seutuhnya sebagai makhluk hidup.

Sekian artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Terima kasih.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :

http://tekno.liputan6.com/read/2588241/kecerdasan-buatan-berkembang-pesat-ini-pendapat-para-ahli

http://tbputra28.blogspot.co.id/2015/10/manfaat-dan-dampak-negatif-   dari.html

Aji Haryo Poespo