HIMTI FEAST SOIRÉE (FEIRE) 2023: The Kingdom of Maétala for Our Dream Zone

Malam ramah tamah atau prom night mungkin sudah sering kali terdengar bagi khalayak umum terutama para remaja, namun pada kesempatan kali ini HIMTI mengusung sebuah inovasi baru yaitu memberikan sedikit sentuhan nuansa fancy dan disney. Pada hari Minggu, 10 Desember 2023, HIMTI Universitas Bina Nusantara mengadakan sebuah acara HIMTI FEAST SOIRÉE 2023 yang dilaksanakan secara onsite di Karang Rooftop Bar & Cafe yang berlokasi di Pluit, Jakarta Utara. Dimana acara ini memiliki makna suatu pesta malam yang diadakan oleh HIMTI untuk merayakan akhir tahun bersama setelah melewati tahun 2023 yang begitu melelahkan. Acara ini diadakan untuk seluruh mahasiswa School of Computer Science BINUS University dari Binusian 25, Binusian 26, hingga Binusian 27 yang mana dapat mempererat hubungan seluruh mahasiswa SoCS, bahkan dengan mahasiswa yang bukan aktivis HIMTI. 


Selama acara ini berlangsung, kami berusaha menciptakan pengalaman bagi seluruh peserta layaknya sedang menikmati makan malam semi outdoor seperti bagsawan era Renaisans. Kami juga memberikan pengalaman istimewa dengan menyediakan red carpet sebelum para peserta memasuki area utama acara. Seperti acara penghargaan bergengsi, HIMTI FEAST SOIRÉE menyajikan pengalaman layaknya berjalan di red carpet Met Gala. Dimana kami memberikan kesempatan bagi peserta untuk berekspresi yang dilanjutkan dengan sesi wawancara mengenai kesan pertama dan perasaan mereka menghadiri HIMTI FEAST SOIRÉE. 

HIMTI FEAST SOIRÉE : The Kingdom of Maétala for Our Dream Zone diawali dengan pembukaan yang dibawakan oleh Aufa Ekananda Hadyan Putra dan Helena Priscilla sebagai Master of Ceremony (MC) untuk memandu perjalanan acara ini hingga akhir. Setelah pembukaan dari MC, dilanjutkan dengan beberapa sambutan Marsyanda Indiyana Maslikan selaku Ketua Acara HIMTI FEAST SOIRÉE 2023, Sarah Karissa selaku President Kemanggisan, dan terakhir oleh Natalia Lairan selaku Chairman of HIMTI 2023. Setelah pembukaan acara selesai, dilanjutkan suatu momen istimewa dengan melibatkan peserta, dimana terdapat penobatan dengan perwakilan prince dan princess untuk penyerahan mahkota sebagai simbolis bahwa malam ini mereka telah memasuki The Kingdom of Maétala for Our Dream Zone. Setelah penobatan selesai, dilanjutkan dengan bersulang bersama untuk merayakan segala hal yang telah kita capai selama tahun 2023. 

Acara dilanjutkan dengan ice breaking, dimana MC memberikan sebuah lirik lagu disney dengan bahasa indonesia yang harus ditebak oleh peserta judul lagu dari potongan lirik tersebut. Pada sesi ini cukup membuat peserta terlihat begitu bersaing dalam menjawab, ada beberapa lirik lagu yang tergolong mudah untuk dijawab dan ada beberapa lirik lagu yang bahkan membuat peserta membutuhkan waktu lebih untuk menjawabnya. Beberapa komentar timbul pada sesi ice breaking seperti “aku tau lagunya, tapi ga tau judul lagunya” dan masih banyak lagi keseruan yang terjadi saat sesi ice breaking tersebut. Setelah ice breaking selesai, acara selanjutnya kami memberikan kesempatan bagi HIMTI BAND untuk mereka menunjukkan bakatnya di bidang musik karena tujuan kami selain ingin melakukan bonding antara aktivis HIMTI dan anggota HIMTI yang bukan aktivis. Kami juga ingin menunjukkan bahwa mengikuti sebuah Himpunan Teknik Informatika ini bukan hanya terpaku dengan hal-hal yang berbau IT saja, namun kita dapat mengembangkan bakat di luar area IT dan HIMTI selalu menyediakan ruang tersebut. HIMTI BAND membawakan beberapa lagu seperti ‘look how high we can fly’ dan ‘princess popstar’.

Setelah penampilan spektakuler dari HIMTI BAND, acara dilanjutkan dengan games utama yaitu ‘Murder Mystery’. Dimana games ini berkonsep seperti permainan werewolf yang dimodifikasi bertema disney. Kami membuat para peserta berkelompok dengan masing-masing kelompok memiliki nama karakter disney. Pada rangkaian games berlangsung, meningkatkan keakraban seluruh peserta karena dituntut untuk turut berpartisipasi untuk menemukan siapa penjahat yang harus mereka temukan sebelum permainan selesai. Permainan ini pun diakhiri dengan kemenangan oleh kelompok penjahat. Acara dilanjutkan dengan random play dance beberapa lagu hits k-pop dan tiktok. Pada sesi ini semua peserta dan juga panitia berlomba-lomba untuk maju kedepan melakukan dance sesuai lagu yang sedang diputar. Semua orang bersenang-senang pada sesi random play dance, mereka ikut menari tanpa beban dan melupakan sejenak kepenatan di dunia perkuliahan. 

Acara inti telah dilaksanakan seluruhnya, sesi selanjutnya adalah sesi makan malam bersama yang sudah dinantikan oleh seluruh peserta. Sepanjang sesi makan juga terdapat booth permainan yang berjalan yaitu secret letter, mystery box, dan tarot. Terdapat photobooth juga untuk mengabadikan momen bersama teman-teman.  Sambil menikmati hidangan yang ada, baik peserta maupun panitia karaoke bersama dengan senang hati. Tak terasa sudah sampai di penghujung acara setelah mengikuti rangkaian acara yang menyenangkan. 

Acara diakhiri dengan pemberian empat awarding antara lain, “si paling flashmob”, “si paling cakep” untuk dua penerima yaitu prince dan princess dan “si paling red carpet”. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman doorprize untuk lima pemenang, dan pembacaan secret letter yang telah dituliskan peserta maupun panitia di booth pada sesi makan. Last but not least acara ditutup dengan penampilan HIMTI BAND dengan membawakan satu lagu berjudul ‘Last Christmas’ .

HIMTI FEAST SOIRÉE 2023 : The Kingdom of Maétala for Our Dream Zone berjalan dengan lancar dan diharapkan acara ini mampu memberikan kenangan yang berkesan bagi peserta maupun panitia. Dengan acara ini juga mampu lebih mempererat hubungan Binusian School of Computer Science antar angkatan dan membuat mereka lebih peduli terhadap diri sendiri dalam meluangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan diri setelah melakukan banyak hal melelahkan.