Apa Itu 5G ?

5G adalah jaringan seluler generasi ke-5. 5G akan memiliki peran yang jauh lebih besar daripada generasi sebelumnya. 5G dapat menggunakan jaringan seluler tidak hanya untuk menghubungkan orang, tetapi juga menghubungkan dan mengendalikan mesin, objek, dan perangkat. Hal ini akan memberikan tingkat kinerja dan efisiensi baru yang akan memberdayakan pengalaman pengguna baru dan menghubungkan industri baru. 5G akan memberikan kecepatan puncak multi-Gbps, latensi sangat rendah, kapasitas besar, dan user experience yang lebih seragam.

Apa saja benefit dari 5G?

5G adalah jenis jaringan baru, sebuah platform untuk inovasi yang tidak hanya akan meningkatkan layanan broadband seluler saat ini, tetapi juga akan memperluas jaringan seluler untuk mendukung beragam perangkat dan layanan, serta menghubungkan industri baru dengan peningkatan kinerja, efisiensi, dan biaya. 5G akan mendefinisikan ulang berbagai industri dengan layanan terhubung dari ritel ke pendidikan, transportasi ke hiburan, dan segala sesuatu di antaranya.

Seberapa cepat 5G?

5G diharapkan dapat memberikan penggunanya kecepatan data hingga 20 Gbps. Modem 5G NR pertama dari Qualcomm Technologies, modem Qualcomm® Snapdragon ™ X50 5G, dirancang untuk mencapai kecepatan data puncak downlink hingga 5 Gbps. Selain kecepatan data puncak yang lebih tinggi, 5G akan menyediakan kapasitas jaringan yang jauh lebih banyak. 5G juga akan memberikan latensi yang jauh lebih rendah untuk respons langsung yang lebih cepat, dan user experience yang lebih seragam secara keseluruhan sehingga tingkat data tetap tinggi secara konsisten bahkan ketika pengguna bergerak.

Apa perbedaan utama antara 5G dengan 4G?

• 5G adalah platform yang lebih mampu daripada 4G
• 5G menggunakan spektrum yang lebih baik dari 4G
• 5G lebih cepat dari 4G
• 5G memiliki kapasitas lebih dari 4G
• 5G memiliki latensi lebih rendah dari 4G

Jasa apa yang dapat diberikan oleh 5G?

• Broadband Seluler yang Ditingkatkan
5G tidak hanya akan membuat smartphone kita lebih baik, tetapi juga dapat memberikan user experience yang baru seperti VR dan AR, dengan kecepatan data yang lebih cepat dan lebih seragam, latensi yang lebih rendah, serta biaya per bit yang lebih rendah.
• Komunikasi Mission-Critical
5G akan memungkinkan layanan baru yang dapat mengubah industri dengan tautan latensi rendah yang sangat andal / tersedia — seperti kendali jarak jauh infrastruktur, kendaraan, dan prosedur medis.
• Massive Internet of Things
5G akan menghubungkan sejumlah besar sensor tertanam di hampir semua hal melalui kemampuan untuk menurunkan kecepatan data, daya, dan mobilitas untuk memberikan solusi yang sangat ramping dan berbiaya rendah.
• Kemampuan mendefinisikan
5G juga merupakan desain untuk kompatibilitas ke depan — kemampuan untuk secara fleksibel mendukung layanan masa depan yang tidak dikenal saat ini.