PUPR Bantu Industri Konstruksi pada Masa Pandemi, Begini Caranya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tetap berupaya membantu ekosistem industri konstruksi yang ada di Tanah Air di tengah beratnya tekanan akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto menjelaskan bahwa pihaknya melakukan sejumlah upaya dalam bentuk kegiatan di berbagai daerah, guna menambah kemampuan pihak terkait di industri konstruksi dan infrastruktur nasional. “Sejumlah kegiatan kami lakukan dengan melibatkan berbagai pihak terkait dalam rangka penambahan kemampuan menghadapi kondisi saat ini [akibat pandemi Covid-19],” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (11/8/2020).

Menurutnya, sejumlah kegiatan yang sudah dilakukan Ditjen Bina Konstruksi di antaranya melakukan pelatihan-pelatihan kepada sekolah menengah kejuruan dan politeknik, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa dengan keahlian mekanik mesin, juru ukur, juru gambar, desain jalan, dan pengawas pekerjaan jalan. Kemudian, melaksanakan kegiatan bimbingan teknik memahami pemilihan dan kontrak kerja kepada asosiasi dan badan usaha kontraktor. Lalu, melaksanakan kegiatan bimbingan teknik beton pracetak dan prategang kepada asosiasi profesi terkait proyek infrastruktur.

Sebelumnya, Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) menyatakan bahwa sebanyak 80 persen perusahaan konsultan yang tergabung dalam organisasi tersebut terkena dampak pandemi Covid-19. Ketua Umum Inkindo Peter Frans menjelaskan data terkait dampak pandemi kepada perusahaan konsultan ini, didapatkan dari survei internal yang dilakukan pada periode pertengahan Juni-Juli lalu. Oleh karena itu, dia meminta agar pemerintah memperbanyak kegiatan pada proyek infrastruktur pada masa pandemi saat ini sehingga konsultan yang terdampak memilikipekerjaan.

Author: Arif Gunawan

Editor : Zufrizal

Publisher: bisnis.com