The Role of Statistics in Handling Covid-19

Banyak rumor beredar seperti “Indonesia tidak akan terserang Covid-19 karena memiliki iklim tropis”. Ketika negara lain sudah sudah mengumumkan ada warga yang terdeteksi virus corona, Menteri Kesehatan Indonesia menyatakan bahwa Indonesia memiliki zero case Covid-19. Profesor dari Harvard, Marc Lipsitch, mendeteksi dengan regresi linear bahwa setidaknya Indonesia sudah memiliki kasus Covid-19. Beliau dan timnya menghitung hubungan statistik antara jumlah pengunjung ke sebuah negara dengan jumlah kasus yang terdeteksi sehingga didapatkan rata-rata secara internasional, yakni adanya sekitar 14 pengunjung per hari yang diasosiasikan dengan munculnya satu kasus terdeteksi. Dengan standar tersebut, Indonesia diduga sudah memiliki lima kasus, sementara nyatanya saat itu Indonesia tidak memiliki kasus. 

Menteri Kesehatan Indonesia, Dr. Terawan, membantah hasil riset profesor dari Harvard tersebut. Dr. Terawan justru menyebut hasil riset tersebut sebagai bentuk penghinaan terhadap negara Indonesia. Padahal tujuan dari riset tersebut bukan untuk menilai ataupun menjatuhkan kualitas suatu negara, melainkan mengimbau suatu negara supaya lebih waspada dan siap menghadapi kemungkinan virus Covid-19 yang akan datang. Respons dari menteri kesehatan Indonesia ini sungguh disayangkan karena kesannya seperti ‘menyepelekan’ kasus ini. Terbukti pada akhirnya bahwa Indonesia kurang sigap dalam menangani Covid-19. 

Selanjutnya, ketika Covid-19 sudah mewabah di Indonesia, apa yang terjadi? Disinilah statistika berperan, salah satunya melalui penggunaan big data. Big data mempermudah dalam penyediaan informasi mengenai Covid-19. UNECE (2013), Big data adalah data yang sulit dikumpulkan, disimpan atau diproses dalam sistem konvensional organisasi statistik. Lalu, bagaimana perannya? Dengan bantuan dan peran big data, pemerintah dapat membuat kebijakan salah satunya ialah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Peran big data dan data science lainnya adalah dengan membuat pemodelan dan prediksi Covid-19. Pemodelan ini bertujuan sebagai upaya melihat berbagai kemungkinan berdasarkan fakta yang ada di lapangan dan menggiring prediksi yang saat bermanfaat dalam membantu pembuat kebijakan (pemerintah) untuk mendapatkan hasil terbaik dalam pembuatan keputusan dan memberikan gambaran yang nantinya mempermudah pemerintah dalam menentukan tindakan preventif. 

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga yang ditugaskan untuk menyajikan statistik juga berupaya untuk mengambil peran dalam menyikapi situasi genting dengan memproduksi statistik untuk mendukung upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. BPS melakukan berbagai survei terkait adanya pandemi covid, seperti survei perilaku masyarakat pada masa pandemi Covid-19, survei dampak Covid-19 terhadap pelaku usaha, dan survei-survei lainnya. Survei ini bertujuan memberikan informasi kepada pemerintah dalam menyusun perencanaan dan langkah yang strategis dalam menghadapi pandemi, termasuk dalam pencegahan (preventive), penanggulangan, serta untuk pemulihan (recovery). Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi BPS saat harus memberikan informasi yang akurat dengan segala keterbatasan di masa pandemi. 

Jadi pertanyaan mengenai “apa peran statistika dalam penanganan Covid-19?” sudah terjawab. Statistika memiliki peran yang sangat penting di era pandemi, yaitu memberikan informasi terkait pandemi Covid-19 yang akurat, terpercaya, dan real time. Pandemi Covid-19 memang sudah usai. Namun, banyak hal yang dapat kita pelajari dari kejadian ini supaya suatu saat lebih sigap dan waspada dalam menghadapi kemungkinan ‘bencana’ yang akan datang. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan statistik sangat bermanfaat bahkan terbukti mampu membantu menanggulangi kasus sebesar Covid-19. 

Referensi:

Nadhira Nuraini Afifa. Menjawab Menteri Terawan: Ngobrol Bareng Prof Harvard di Balik Riset Coronavirus di Balik Riset Coronavirus di Indonesia. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=FbVw2DNkP2Y&t=456s

Satgov. (2021, Sep 8). Peran Statistika di Era Pandemi Covid-19. Retrieved from https://medium.com/@statgov.id/peran-statistika-di-era-pandemi-covid-19-78f61f407082

Bella Nadya Aurelia