Statistical Project for Smart Student 2023

Pada tahun ini, HIMSTAT menyelenggarakan Statistical Project for Smart Student atau yang biasa disingkat SPSS. SPSS merupakan perlombaan tahunan yang diselenggarakan oleh HIMSTAT. Ketua dalam SPSS tahun ini adalah Kairos Abinaya Susanto. SPSS digelar dengan tema “Data Visualization Challenge: Turning Data into Insight”. 

Perlombaan SPSS tahun ini diselenggarakan pada 18 September 2023 – 30 September 2023. Perlombaan SPSS sendiri terdapat 3 lomba yaitu, Olimpiade Statistika, Esai, dan Infografis. Olimpiade Statistika dibagi menjadi 3 babak yaitu, Pilihan Ganda, Esai, dan Studi Kasus. Babak Pilihan Ganda diselenggarakan pada 18 September 2023, babak Esai diselenggarakan pada 19 September 2023, sedangkan babak Studi Kasus diselenggarakan pada 22 September 2023 – 30 September 2023.

Setiap lomba memiliki 3 pemenang. Pemenang dalam Olimpiade Statistika adalah Gian Luky Saputra, Daud Muhamad Azhari, dan Rahma Nur Anissa dari Universitas Gadjah Mada sebagai Juara 1, Much Fazrin Sepranjani Fatah, Farhan Abdillah Harahap, dan Uiwang Nur Thoriq dari Institut Pertanian Bogor sebagai Juara 2, dan M. Aufa Mumtaza Ibadillah, Nadya Angelie Lislie, dan Vanessa Santoso dari Universitas Bina Nusantara sebagai Juara 3. 

Sementara itu, untuk Lomba Essai, juara 1 diraih oleh Andini Rahmah dari Universitas Brawijaya,  Nasywaa Ramadhanti Fauzi dari Universitas Indonesia sebagai Juara 2, dan Izzudin Muhammad  dari Universitas Negeri Semarang sebagai Juara 3. 

Terakhir, untuk pemenang dalam Lomba Infografis adalah Gustary Victory Tandepadang dari Universitas Bosowa sebagai Juara 1, Arumia Mustika Rani dari Politeknik Statistika STIS sebagai Juara 2, dan Luthfi Syafi Abdillah dari Universitas Gadjah Mada sebagai Juara 3.

Yeremia Alexander Marojahan Pane