Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis HIMSTAT22

Rangkaian rekrutmen calon aktivis seperti pelatihan dan interview calon aktivis HIMSTAT22 telah dilaksanakan pada akhir tahun 2021. Untuk melanjutkan dan melengkapi rangkaian tersebut, HIMSTAT22 mengadakan proses akhir dari rangkaian rekrutmen calon aktivis HIMSTAT22, yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis. Kegiatan ini bernama BOLTS dengan kepanjangan Basic Organization Leadership Training for Statistician. BOLTS tahun ini memiliki tema yang menarik, yaitu STACSS (Statistician Training Activist, Creativation, and Social Skill). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari pada Jumat, 25 Februari 2022 sampai dengan Sabtu, 26 Februari 2022 di Zoom Meeting dengan total calon aktivis yang hadir sebanyak 28 orang dari 31 orang calon aktivis.

Terdapat tiga sesi utama untuk penyampaian materi yang diikuti kegiatan terakhir yaitu pelantikan calon aktivis HIMSTAT22. Sesi pertama sampai dengan sesi ketiga memiliki materi yang berbeda dengan maksud dan tujuan tertentu untuk pembentukan karakter organisasi pada calon aktivis yang akan dilantik. Hari pertama yaitu Jumat, 25 Februari 2022 dimulai pukul 15.30 WIB dan terdapat sebanyak dua sesi materi. Sesi pertama adalah “Organisasi di Binus” dengan intisari materinya adalah penjelasan organisasi di BINUS University, Student Club and Activity Center (SCAC), program kerja umum, proposal kegiatan, laporan pertanggungjawaban kegiatan, kesekretariatan kegiatan, keuangan kegiatan, publikasi kegiatan, serta keperluan kegiatan lainnya. Sesi pertama diakhiri dengan post test pada Kahoot. Sesi kedua adalah Public Speaking dimana calon aktivis sudah diberi soal studi kasus dari beberapa hari sebelumnya dan diminta untuk menyusun jawaban dengan membuat presentasi dalam bentuk PowerPoint. Untuk sesi ini, calon aktivis memberikan penjelasan, pertanyaan, dan komentar atas penjelasan jawaban dari rekan-rekan sekelompoknya. Kelompok tersebut dibagi secara random dan dimasukkan ke dalam beberapa breakout rooms di Zoom Meeting. Kegiatan hari pertama berakhir kurang lebih pukul 17.10 WIB.

Hari kedua yaitu Sabtu, 26 Februari 2022 dimulai pukul 13.00 WIB dengan penyampaian satu sesi materi dan pelantikan. Sesi terakhir ini adalah sesi materi HIMSTAT yang di dalamnya ada beberapa penjelasan penting seperti organisasi kemahasiswaan secara umum berdasarkan web SCAC; penjelasan HIMSTAT seperti tanggal dibentuk, visi, dan misi; jobdesk dari divisi serta subdivisi yang ada pada HIMSTAT periode 2022/2023; serta FORSTAT. Sama seperti sesi pertama, sesi ketiga ini diakhiri oleh post test pada Kahoot. Setelah tes Kahoot selesai, dilanjutkan dengan prosesi pelantikan untuk calon aktivis HIMSTAT22 yang disertai pembagian subdivisinya. Setelah pelantikan selesai, terdapat beberapa pengumuman penting seperti pembagian Dewan Pengurus Inti (DPI) untuk setiap proker dari HIMSTAT22 yang akan berjalan selama sepanjang periode kepengurusan HIMSTAT 2022/2023. Setelah semua kegiatan selesai, diadakan dokumentasi untuk kepentingan arsip dan publikasi. Kegiatan di hari terakhir diakhiri pada pukul kurang lebih 14.40 WIB.

Sekali lagi,

“Selamat untuk calon aktivis yang sudah resmi dilantik menjadi aktivis HIMSTAT22. Semangat menjalankan wewenang dan tanggung jawab selama satu periode!”

Melody Effendi