LDK-P 2021

Halo semua, Pada hari Jumat, tanggal 4 Juni 2021 lalu, HIMSTAT telah melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan. Namun berbeda dengan yang sebelumnya, dimana yang sebelumnya dilaksanakan pada 25 – 26 Maret 2021 merupakan LDK bagi calon aktivis HIMSTAT, kali ini merupakan LDK untuk aktivis yang berminat untuk menjadi pengurus (LDKP). LDKP merupakan kegiatan wajib bagi aktivis yang ingin melanjutkan ke jenjang pengurus.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Juni 2021, dari pukul 10 pagi sampai 6 sore Waktu Indonesia Barat (WIB). Kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta/aktivis HIMSTAT, dan kegiatan ini juga di bagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, menjelaskan kesekretariatan dan kebendaharaan serta divisi pada HIMSTAT. Kesekretarian melakukan pengarsipan berkas, membuat laporan masuk-keluarnya surat, dan membuat notulen rapat. Kebendaharaan menjelaskan bagaimana membuat laporan keuangan, pembukaan rekening, pengambilan uang, dan pengisian Payment Request Form (PRF). Pada sesi divisi, pembicara menjelaskan pekerjaan Divisi MIC dan LRD, dan masing – masing divisi terdapat dua subdivisi yang turut membantu jalannya divisi tersebut.

Sesi kedua menjelaskan kepemimpinan dan sesi terakhir adalah sesi pembelajaran kasus (Study Case). Sesi kedua menjelaskan visi dan misi HIMSTAT dan menjelaskan AD-ART nya juga. Sesi ini juga menjelaskan struktur organisasi HIMSTAT, dan arti dari logo HIMSTAT. Sesi terakhir merupakan sesi pembelajaran kasus (Study Case). Di mana peserta diberikan sebuah pertanyaan dan harus memberikan pendapatnya mengenai hal yang terjadi pada suatu kasus tersebut.
Dari ketiga sesi yang sudah terlaksanakan, tidak terjadi kendala serius yang terjadi, baik dari panitia ataupun peserta. Aktivis sangatlah antusias mengenai materi yang telah disampaikan oleh pembicara, dan juga cukup aktif dalam menjawab pembelajaran kasus. Semoga pada kegiatan yang telah terlaksanakan ini dapat bermanfaat bagi aktivis di kegiatan lainnya.