Kegiatan Sosial Anti Sexual Harassment Campaign

Institute of Industrial and Systems Engineers (IISE) Binus University baru saja menyelenggarakan kegiatan sosial Anti Sexual Harassment Campaign secara online yang dimulai dari tanggal 13 Maret hingga 19 Maret 2022. Kegiatan sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kasus pelecehan dan kekerasan seksual yang masih sering terjadi. 

Selain campaign, IISE Binus University juga mengadakan lomba poster yang bertema “If It’s Unwanted, It’s Harassment” yang pemenangnya diumumkan pada tanggal 11 Maret 2022, webinar yang bertema “Compliment vs Harassment” yang diadakan pada tanggal 06 Maret 2022 dan talkshow yang bertema “Cultural Mindset on Sexual Assault” yang diadakan pada tanggal 17 Maret 2022. 

Para peserta yang mengikuti kegiatan sosial ini melakukan challenge yang telah disediakan oleh panitia selama tujuh hari. Pada hari pertama, para peserta diminta untuk menjelaskan salah satu contoh sexual harassment serta foto infografis mengenai topik “What is Sexual Harassment” yang telah disiapkan oleh panitia. Selain itu, para peserta juga mengunggah poster pemenang lomba pada feeds Instagram.

Pada hari kedua, para peserta mengunggah foto infografis mengenai topik “Sexual Harassment Regardless of Anyone” yang berisi data statistik kasus kekerasan seksual yang pernah terjadi. Pada hari ketiga, para peserta mengunggah foto selfie atau foto diri yang menunjukkan pakaian yang sedang dikenakan dengan caption “This is what I wear so don’t stare at me” serta foto infografis mengenai topik “Should I Change What I Wear?”.

Pada hari keempat, para peserta mengunggah foto diri dengan kertas yang bertuliskan “Men experience it too” serta foto infografis yang telah disiapkan oleh panitia. Pada hari kelima, para peserta diminta untuk menjelaskan hukum-hukum yang melindungi korban pelecehan dan kekerasan seksual serta hotline yang dapat dihubungi korban.

Pada hari keenam, para peserta mengunggah foto selfie sambil menutup mulut dengan caption “I have the right to be heard” serta foto infografis mengenai topik “Stop the Silent” yang telah disiapkan oleh panitia. Pada hari terakhir, para peserta diminta untuk menulis surat pada template yang sudah disediakan oleh panitia kepada seluruh masyarakat, baik yang pernah menjadi korban kekerasan seksual maupun yang tidak pernah menjadi korban kekerasan seksual.

Dari kegiatan sosial ini, para peserta beserta audiens diharapkan dapat memperoleh informasi tentang bagaimana cara untuk menghindari dan mencegah terjadinya tindakan pelecehan dan kekerasan seksual serta memperbaiki mindset mengenai pakaian yang dikenakan oleh orang-orang.

Annisa Indriani