BINUS FESTIVAL OPENING CEREMONY

Pada tanggal 20 Mei 2022, diadakan sebuah upacara pembukaan Binus Festival 2022. Bertepatan dengan hari kebangkitan nasional, acara ini mengangkat tema kebangkitan bangsa nasional.

Sebelumnya, apa itu Binus Festival? Binus Festival merupakan serangkaian kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Nusantara untuk meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan inovasi binusian (istilah untuk mahasiswa Binus). Festival ini diselenggarakan 2 kali dalam satu tahun, dan pada semester ini diselenggarakan pada tanggal 20-23 Mei 2022. Dan perlu diketahui, bahwa festival ini diikuti oleh seluruh regional Binus.

Acara pembukaan dibuka dengan pertunjukan dari beberapa Binusian dan acara didahului oleh doa. Setelah itu, dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dan hymne perguruan tinggi milik Binus.

Acara dilanjutkan dengan pementasan STMANIS, yaitu organisasi teater milik universitas binus yang memberikan pertunjukan sajak mengenai kebangkitan nasional dengan judul “Kebangkitan Bangsa Indonesia”.

Setelah itu, pembawa acara melanjutkan ke inti acara, yaitu talkshow dan sharing session dengan dua narasumber yang memiliki prestasi besar baik di Binus dan nasional. Narasumber tersebut adalah Bu Rahmi Yulia Ningsih dan Bu Nadia Permata Setiawan.

Perlu diketahui bahwa kedua narasumber tersebut memiliki prestasi yang sangat menginspirasi. Bu Rahmi menjadi Duta Bahasa Nasional, mahasiswa berprestasi tahun 2010 dan memiliki karya yaitu sebuah buku mengenai kumpulan buku sajak puisi. Dan sekarang, beliau menjadi salah satu dosen di Universitas Bina Nusantara. Wawasan yang sering dikatakan beliau pada sesi talkshow ini adalah bahwa memang di Universitas Binus tidak memiliki jurusan atau program studi Bahasa Indonesia, tetapi tiap mahasiswa dan dosen serta semua orang yang berpartisipasi di universitas ini sangat peduli dengan Bahasa Indonesia.

Bu Rahmi pada sesi ini juga membicarakan prestasi yang telah didapatkan Universitas Binus berkaitan dengan bahasa nasional maupun tradisional Indonesia. Selain itu, beliau juga membagikan cerita mengenai bagaimana beliau bisa menjadi pribadi yang hebat seperti sekarang.

Selanjutnya, pembawa acara berpindah fokus ke narasumber kedua, yaitu Bu Nadia Permata Setiawan. Beliau juga mencetak banyak prestasi seperti pernah menjadi atlet nasional wushu Asia-Internasional dan menjadi ketua UKM sepakbola di Binus. Sekarang beliau menggaet karir menjadi Cyber Security Consultant

Saat ditanya, bagaimana cara untuk mendapatkan banyak prestasi di berbagai bidang, beliau menjawab “Kuncinya adalah time management”. Lalu, beliau melanjutkan bahwa time management tidak mudah dilakukan, karena tidak hanya berangan-angan merencanakan kegiatan, kita harus melakukan kegiatan tersebut tanpa menunda-nunda. Kemudian, beliau menceritakan pengalamannya yang berkaitan dengan time management. Faktanya, beliau telah melakukan time management sejak dari kecil, seperti saat masih kuliah, beliau pun juga memiliki kafe dan membagi waktu sangat dibutuhkan saat itu. Maka dari itu, beliau sangat mensarankan untuk para binusian untuk menerapkan time management dan pendisiplinan diri.

Setelah sesi talkshow berakhir, acara dilanjutkan dengan kuis interaktif, lalu acara pembukaan ditutup dengan pertunjukan dari UKM Band.

Sekar Azalea